visitaaponce.com

9 Atlet Lolos ke Olimpiade Paris, KOI Bakal terus Bertambah

9 Atlet Lolos ke Olimpiade Paris, KOI: Bakal terus Bertambah
Lalu Muhammad Zohri, salah satu atlet yang bakal berlaga di Olimpiade Paris.(AFP)

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari optimistis jumlah atlet Merah Putih yang mendapat tiket ke Olimpiade Paris 2024 bakal terus bertambah seiring dengan berjalannya kualifikasi. Saat ini, sudah ada sembilan atlet Indonesia yang memastikan tempat di Olimpaide 2024.

Ada tambahan dua nama yang lolos yakni dari cabang atletik. Dua nama tersebut Lalu Muhammad Zohri di nomor 100 meter putra dan Odekta Naibaho untuk nomor maraton putri. Keduanya akan berlaga di Paris dengan tiket wildcard.

"Kita mendapatkan dua nomor tambahan dari atletik yakni Zohri dan Odekta sehingga menambah jumlahnya menjadi sembilan," ujar Okto dalam acara Buka Bersama NOC Indonesia bertema 72 Tahun Menjaga Merah Putih Bersama Komite Olimpiade Indonesia di Jakarta, Kamis (28/3).

Baca juga : 5 Atlet Lolos ke Olimpiade Paris 2024, KONI Berharap Jumlahnya Bertambah

"Kita masih menunggu atlet dari cabor lain untuk bisa menyelesaikan kualifikasi setelah itu baru membuat hitungan-hitungan target setelah semua selesai melakukan kualifikasi sampai Juni mendatang," imbuh Okto.

KOI, Kemenpora, serta stakeholder lainnya baru akan membahas soal target medali setelah kepastian jumlah atlet yang lolos. Okto mengatakan setelah semua selesai kualifikasi pihaknya akan duduk bersama membuat kajian akhir.

Sembilan wakil Indonesia yang sudah meraih tiket Olimpiade 2024 yakni dua atlet panahan Arif Dwi Pangestu serta Diananda Choirunisa, atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi.

Baca juga : Ketua KOI Sebut Hasil Asian Games Jadi Bahan Evaluasi untuk Olimpiade Paris 2024

Kemudian, atlet menembak Fathur Gustafian, atlet panjat tebing Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi, peselancar Rio Waida, serta sprinter Lalu Muhammad Zohri dan pelari maraton Odekta Naibaho.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo berharap persiapan menjelang  Olimpiade 2024 Paris terus digenjot. Menpora berpesan penerapan sport science untuk dimaksimalkan federasi cabor demi mengoptimalkan performa atlet.

"Untuk sekarang ini benar-benar kita pantau secara komprehensif dari datanya dan semua relatif tidak ada lagi atlet yang berlatih secara konservatif atau klasik melainkan sudah melibatkan penggunaan teknologi," kata Menpora.

"Untuk Olimpiade ini kita sudah banyak kirim atlet berlatih di luar dan menggunakan pelatih dan pakar asing dan lokal untuk pembandingnya. Jadi, ada kombinasi dan semua dikelola dan dipantau antara Kemenpora, NOC dan cabor," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat