visitaaponce.com

Mengenal Permainan Bola kecil, Manfaat, dan Jenisnya

Mengenal Permainan Bola kecil, Manfaat, dan Jenisnya
Jenis permainan bola kecil(Lampost)

PERMAINAN bola kecil merupakan suatu permainan yang menggunakan bola kecil sebagai media bermain. Permainan ini dapat dimainkan secara individu maupun dalam kelompok. Dalam cabang olahraga bola kecil, seringkali digunakan berbagai alat pendukung seperti raket, tongkat, atau bet.

Manfaat

  1. Olahraga ini dapat membantu menghilangkan stres tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan karena jenis olahraga ini cenderung ringan.
  2. Anda dapat melatih kepercayaan diri terutama ketika berhadapan dengan lawan.
  3. Jenis olahraga ini juga mampu mengembangkan ketangkasan dan kelincahan tubuh karena permainannya membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi.
  4. Permainan bola kecil juga dapat membantu meregangkan tubuh melalui variasi gerakan ringan yang dapat merelaksasi otot.
  5. Bermain olahraga bola kecil secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan dan membuat tubuh lebih bugar tanpa merasa terlalu lelah, sehingga meningkatkan kebahagiaan dalam hidup.

Baca juga: Jojo tidak Sabar Berlaga di Indonesia Terbuka

Jenis Olahraga

  1. Tenis meja yang juga dikenal sebagai Pingpong adalah permainan yang bisa dimainkan secara tunggal atau berpasangan. Dalam permainan ini, sebuah meja dengan net sebagai pembatas digunakan, dan bola plastik menjadi objek utama. Pemain menggunakan raket kayu berlapis karet yang disebut bet untuk memukul dan memasukkan bola ke lapangan lawan.
  2. Baseball atau bisbol, adalah permainan yang dimainkan dua tim yang terdiri dari 9 orang di setiap tim. Setiap tim memiliki pitcher (pelempar) dan batter (pemukul). Tim pelempar harus menangkap bola yang dipukul tim pemukul untuk mendapatkan posisi dan mencetak angka. Tim pemukul dapat mencetak angka dengan berlari mengelilingi lapangan secara berlawanan arah jarum jam dan kembali ke home plate setelah menyentuh setiap base. Permainan ini juga dikenal dengan sebutan hardball, untuk membedakannya dari softball.
  3. Softball adalah permainan beregu yang mirip dengan bisbol. Permainan ini dikembangkan dari bisbol dan dimainkan oleh dua tim. Dalam permainan ini, terdapat tim bertahan dan tim menyerang. Setiap tim berusaha mengumpulkan angka (run) dengan cara melintasi setiap base hingga mencapai base terakhir (home plate). Perbedaan utama antara softball dan bisbol terletak pada jenis dan ukuran bola yang digunakan, serta ukuran lapangan.
  4. Kasti merupakan permainan bola kecil yang mirip dengan bisbol dan sofbol. Namun, dalam permainan ini, pemain menggunakan bola tenis untuk memukul lawan dan menumpuk batu. Jika satu tim berhasil menyusun batu dengan cepat tanpa terkena pukulan bola dari tim lawan, maka tim tersebut akan memenangkan permainan.
  5. Rounders adalah permainan bola kecil yang mirip dengan kasti. Dalam permainan ini, masing-masing tim terdiri dari 12 orang. Setiap pemain harus memiliki keterampilan dasar seperti melempar, menangkap, dan menghindari sentuhan bola saat berlomba. Pemain juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam memukul bola dan mengelilingi lapangan dengan mencapai tiang atau titik base.
  6. Golf adalah permainan bola kecil yang dimainkan secara individu atau dalam tim dengan tujuan memasukkan bola ke dalam lubang di lapangan. Pemain menggunakan sebuah alat pemukul bola yang disebut klab atau stik golf. Lapangan golf tidak memiliki standar yang tetap, dan biasanya terdiri dari 9 hingga 18 hole atau lubang. Aturan utama dalam golf adalah memukul bola dari daerah teeing ground ke dalam lubang dengan beberapa pukulan sesuai dengan aturan. Setiap lapangan golf memiliki variasi dan keunikan tersendiri, misalnya dengan adanya danau atau rawa di tengahnya.
  7. Badminton atau bulu tangkis adalah olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan. Prinsip permainan bulu tangkis cukup sederhana, yaitu memukul shuttlecock agar jatuh di area lawan dan mencegah lawan melakukan hal yang sama untuk mencuri poin. Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang populer di dunia dan menjadi cabang olahraga yang diminati dan diapresiasi oleh masyarakat Indonesia.
  8. Tenis lapangan adalah olahraga yang dimainkan oleh perorangan atau pasangan dengan menggunakan bola karet sebagai objek utama. Pemain menggunakan raket berukuran besar untuk memukul bola dan mencetak poin. Tenis lapangan merupakan cabang olahraga yang populer dan bahkan dipertandingkan di Olimpiade. Permainan ini awalnya berasal dari Birmingham, Inggris, pada akhir abad ke-19 dan dikenal dengan sebutan tenis lapangan rumput.
  9. Billiard atau bola sodok adalah cabang olahraga bola kecil yang membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Biasanya dimainkan secara individu dengan lawan yang saling berlawanan. Permainan ini dilakukan di meja dengan menggunakan bola dan stik. Aturan permainan billiard dapat bervariasi tergantung pada jenis gim yang dimainkan, seperti carrom, pool, dan English Billiard.
  10. Kriket adalah olahraga tim yang dimainkan oleh dua kelompok yang terdiri dari 11 orang di setiap kelompok. Permainan ini awalnya dikembangkan di Inggris dan menjadi populer di negara-negara Persemakmuran seperti India, Sri Lanka, dan Pakistan. Australia, Selandia Baru, beberapa negara di Afrika, dan Karibia juga menyukai olahraga ini. Kriket menggunakan stik berbentuk batu kayu dan bola sebagai alatnya. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak lebih banyak angka atau run daripada tim lawan. (Z-3)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat