visitaaponce.com

Batalnya AWBG Dikhawatirkan Kurangi Kepercayaan Dunia

Batalnya AWBG Dikhawatirkan Kurangi Kepercayaan Dunia
Konferensi pers terkait persiapan penyelenggaraan ANOC World Beach Games 2023 yang diputuskan batal digelar.(ANTARA/FIKRI YUSUF)

PAKAR manajemen prestasi olahraga Djoko Pekik menyayangkan Indonesia batal menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023. Pasalnya, untuk bisa dipercaya menjadi tuan rumah dari ajang yang rencananya berlangsung di Bali pada bulan depan itu tidak lah mudah.

"Batalnya AWBG di Bali dikawatirkan mengurangi kepercayaan dunia, dalam hal ini ANOC yang merupakan organisasi olahraga internasional yang diakui IOC beranggotakan 206 negara," kata Djoko dalam keterangan resminya, Kamis (6/7).

"Apalagi  Indonesia sangat berkeinginan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036," sambung dia.

Baca juga: Pembatalan Piala Dunia U-20 Buat Sponsor AWBG 2023 Mundur

Djoko menilai, jika pembatalan AWBG disebabkan oleh kendala anggaran dari APBN, tentu perlu ditinjau dan dikoordinasikan lagi secara intensif antar kementerian dan lembaga terkait bersama KOI sebagai leading sector penyelenggaraan multievent internasional.

Dia menyarankan Indonesia tetap menggelar AWBG, hanya waktu pelaksanaannya diubah, misalnya November atau Desember besok. Namun, dengan meminta persetujuan ANOC.

Seiring dengan itu, perlu dilakukan konsolidasi penyediaan anggaran bisa melalui skema APBNP yang menurut Djoko biasanya selesai pada Oktober. Selain memunggu anggaran dari APBN, juga perlu memaksimalkan sponsorship termasuk dari CSR.

Baca juga: Menpora Tegaskan Pemerintah Sediakan Anggaran untuk AWBG

Namun, jika permintaan mundur di November atau Desember 2023 dirasa masih terlalu mepet, bisa diundur hingga awal 2024. Harus diingat juga pada tahun depan ada Olimpiade 2024 di Prancis.

"Masyarakat mendukung agar AWBG tetap bisa terselenggara di Indonesia & bisa sukses seperti halnya Asian Beach Games pada 2008 di Bali," tutup dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat