visitaaponce.com

Pemain Unggulan Melaju Mulus di Foxs Indonesia Para Badminton International 2023

Pemain Unggulan Melaju Mulus di Fox's Indonesia Para Badminton International 2023
Hikmat Ramdani ( SL4) terlalu kuat bagi lawan pada ajang Fox's Indonesia Para Badminton Internasional 2023. (Fox's Indonesia)

PEMAIN unggulan Indonesia menguasai laga hari pertama turnamen Fox's Indonesia Para Badminton International 2023 yang digelar di GOR Sritex, Surakarta, Jawa Tengah,  selama sepekan mulai Selasa (5/9).

Hikmat Ramdani yang turun di tiga nomor, yakni nomor tunggal putra Standing Lower 4 (SL 4), ganda putra SL 3 - SL 4, dan ganda campuran SL 3 - SL 5 bermain dengan penuh gemilang kemenangan.

"Pada turnamen di Surakarta ini, Skuad 'Merah Putih' ditargetkan bisa mempertahankan status juara umum. Tahun ini saya bermain di tiga nomor berbeda SL.  Saya diprioritaskan untuk meraih emas dari sektor ganda campuran SL 3 - SL 5, meski sektor tunggal juga punya target pribadi juara," kata Himat yang dalam ganda campuran kelas SL 3 - SL 5 peringat pertama dunia.

Pada penampilan hari pertama di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023, Selasa (5/9), Hikmat yang berstatus juara bertahan di sektor tunggal SL4, belum menghadapi perlawanan sulit saat meladeni atlet India, Sunil Panwar. Ia menang mudah, 21-9, 21-8. 

Kiprah pria berusia 22 tahun yang meraih emas  di Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo  di sektor ganda putra SL 3 - SL 4, sepanjang tahun ini penuh prestasi. Seperti menggondol emas di ASEAN Para Games 2023. 

Ketika tampil di kejuaraan level 1 Badminton World Federation (BWF) di Canada Para Badminton International dan 4 Nations Para Badminton International, Hikmat juga meraih emas.

Tak hanya itu, Hikmat juga menjadi yang terbaik di turnamen level 2 BWF, yakni Spanish Para Badminton International, Brasil Para Badminton International, Thailand Para Badminton International, dan Bahrain Para Badminton International.

Seluruh pencapaian Hikmat pada 2023 diraihnya lewat nomor ganda campuran SL 3 - SL 5 bersama Leani Ratri Oktila.

Pada turnamen Fox's  di Surakarta, kekuatan Indonesia juga disokong oleh Supriadi yang berlaga di kategori Tunggal Putra WH 2. Di FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023.

Supriadi yang terjun di dua nomor yakni tunggal putra WH 2 dan ganda putra WH 1 – WH 2. Ketika di sektor tunggal melawan pebulutangkis India,Mina Khalid, ia menang mudah 21-11, 21-5. Dia juga sukses di sektor ganda putra berpasangan dengan Agung Widodo ( WH1-WH2), memgalahkan pasangan India, Alphia James/Pallavi K dengan skor , 21-5, 21-8.

"Saya sangat bersemangat karena FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023 diselenggarakan di Surakarta. Saya berharap bisa mengulang pencapaian tahun lalu di mana saya mampu menyumbangkan dua emas di dua nomor berbeda," tutur Supriyadi.

Peluang  Indonesia mendulang banyak medali dalam FOX'S di Surakarta akan diuji di nomor Wheelchair 2 (WH 2) oleh India,yang menampilkan  atlet terbaik mereka yang berstatus unggulan pertama tunggal putri WH 2 yakni Alphia James.

"Saya bermain di Fox's Indonesia untuk pertama kalinya. Namun, saya dapat beradaptasi dan langsung mengeluarkan penampilan terbaik. Saya optimistis sanggup melangkah hingga final dan keluar sebagai juara khususnya di nomor tunggal putri WH 2," ujar Alphia yang memenangi pertandingan hari perdana atas rekan negaranya Pallavi Kuluvehalli dengan skor 21-8, 21-10.

FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023 diikuti oleh 16 negara yakni Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Kuwait, Kyrgyzstan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Timor Leste, dan Turki. 

Turnamen yang juga didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation ini akhirnya setelah melalui proses klasifikasi dan adanya withdraw pemain, tercatat sebanyak 95 atlet dari 16 negara. Berhadiah Rp150 juta, kompetisi Grade 2 Level 3 yang berada dalam kalender Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) itu akan berakhir pada 10 September. (WJ/R-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Agus Triwibowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat