visitaaponce.com

Pilih Pengurus Baru, NPCI Bahas Prestasi Olahraga Disabilitas

Pilih Pengurus Baru, NPCI Bahas Prestasi Olahraga Disabilitas
Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun dalam rakernas dan musornaslub di Hotel Sunan Solo pada Senin malam(MI/Widjajadi )

SEBANYAK 32 pengurus Nasional Paralympic Committee ( NPC) Indonesia berkumpul di Solo, Jawa Tengah menggelar Rakernas dan Musornaslub NPCI 2023 11-15 Desember.  Acara itu membahas tentang prestasi para atlet difabel Indonesia sepanjang 5 tahun terakhir, berikut akselerasi pembinaan olahraga disabilitas menuju prestasi Indonesia emas.

Menurut Ketua Umum NPCI Senny Marbun, percepatan pelaksanaan Rakernas dan Musornaslub dipercepat pada akhir tahun ini, karena periodesasi kepengurusannya habis bersamaan dengan  Pemilu 2024.

"Kami menawarkan kepada pengurus provinsi, apakah dipercepat atau diundur, karena waktunya bersamaan dengan penyelenggaraan Pemilu pada Februari 2024. Ternyata kawan-kawan sepakat dipercepat, maka jadilah rakernas dan musornaslub digelar sekarang," kata Senny menjawab Media Indonesia, seusai pembukaan acara yang digelar di Hotel Sunan, Solo, Senin malam.

Baca juga: Rifky Raih Emas dan Pecahkan 2 Rekor di Asian Para Games ...

Pembukaan Rakernas dan Musornaslub NPCI itu dilakukan oleh Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olah raga Kemenpora, Surono mewakili Menpora RI, Dito Ariotedjo.

"Kemenpora sangat mengapresiasi komitmen dan kerjasama seluruh pengurus NPC Indonesia untuk dapat menjalankan pembinaan olah raga penyandang disabilitas dan implementasinya di lapangan sebagaimana diamanatkan Pasal 67 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2002 tentang Keolahragaan Nasional," kata Surono

Menurut dia, NPCI mampu melaksanakan pembinaan olahraga disabilitas, yang dimulai dengan identifikasi bakat, pengembangan bakat, pembinaan lanjutan dan pertandingan skala nasional dan internaisonal.

Berkat komitmen dan kerja keras segenap pengurus NPCI, akhirnya tercapai tuiuan yakni mengangkat olah raga disabilitas Indonesia hingga berprestasi di ajang internasional,

"Kemenpora mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi NPC Indonesia yang dipimpin Senny Marbun yang telah berhasil membina atlet disablitas pada ajang single-event maupun multi-event dunia," ujar Surono.

Pada bagian lain, Senny Marbun menegaskan butuh kerja keras dan perjuangan guna mengharumkan olah raga disabilitas Indonesia untuk meraih prestasi tinggi seperti hat-trick juara ASEAN Para Games.

Capaian prestasi hat-trick juara ASEAN Para Games tidak gampang.  "Hasil ini diraih juga berkat pertolongan Tuhan dan keseriusan kita dalam mengangkat harkat dan martabat olah raga disabilitas indonesia. Sekarang kita adalah macan ASEAN," imbuh Senny.

Selain memilih kepengurusan baru untuk 5 tahun kedepan, dalam Rakernas dan Musornaslub, akan melakukan pembahasan dan sekaligus evaluasii atas prestasi NPC Indonesia sepanjang lima tahun terakhir, serta akselerasi pembinaan olahragawan disabilitas menuju prestasi Indonesia Emas.

Selain itu dibahas pula kerjasama dan hubungan luar negeri NPC Indonesia, persiapan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 dan perubahan AD/ART NPC Indonesia tahun 2023 sesuai dengan Undang-Undang No. 11 tahun 2022.

Yang jelas, selama 5 tahun terakhir, NPC Indonesia sukses melakukan pembinaan sehingga membawa olah raga disabilitas meraih prestasi bagus di ajang internasional. .

Terkait bonus prestasi para punggawa Merah Putih di Hangzhou, Surono menyatakan akan segera cair, bersamaan dengan dilaksanakannya pembangunan pusat pelatihan olahraga paralimpik di atas lahan seluas 10 hektar,di Karanganyar pada Desember ini.

Direncanakan Presiden Jokowi akan hadir dalam ground breaking, dan sekaligus pencairan bonus para atlet yang meraih medali di Asian Para Games Hangzhou . ( WJ/N-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat