visitaaponce.com

Ginting Tersisih di Babak Grup BWF World Tour Finals

Ginting Tersisih di Babak Grup BWF World Tour Finals
Tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting(Antara )

LANGKAH tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di ajang BWF World Tour Finals terhenti di babak grup usai menelan kekalahan dari Viktor Axelsen dengan 21-16, 7-21, 13-21, Jumat (15/12). Di saat yang sama, wakil tuan rumah Shi Yu Qi menang atas Kodai Naraoka (Jepang).

Meski Ginting sudah memetik dua kemenangan sebelumnya atas Naraoka dan Shi Yu Qi, hal itu tak cukup membawanya lolos ke semifinal. Di Grup A, Shi Yu Qi dan Axelsen yang akhirnya lolos.

"Dari awal masuk lapangan, saya memang fokus untuk bermain semaksimal mungkin. Tidak mau memikirkan menang atau kalah, lolos ke semifinal atau tidak. Meskipun kalah, saya cukup puas dengan penampilan hari ini," kata Ginting.

Baca juga: Ginting Berhasil Mengatasi Perlawanan Shi Yu Qi

Walau tak lolos, Ginting tetap bersyukur karena merasa sudah mengeluarkan penampilan terbaiknya di World Tour Finals tahun ini. Ginting mampu unjuk permainan yang lebih sabar, lebih berani mengolah bola, dan lebih berani mengembangkannya.

"Memang sangat disayangkan sudah dua kali menang tapi belum berhasil lolos ke semifinal, hanya ya sudah memang persaingan di tunggal putra seketat itu. Tidak ada yang bisa memprediksi," ucap Ginting.

Baca juga: Ginting Kalahkan Kodai Naraoka di BWF World Tour Final 2023

"Saya mengambil pelajaran bahwa ini sebagai ajang pemanasan menjelang Olimpiade yang kan hampir sama sistemnya. Grup dulu baru ke fase gugur. Semoga performa ini bisa terus saya tingkatkan di tahun depan," tukasnya.

Di sektor ganda putra, Indonesia meloloskan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke semifinal. Pada laga ketiga Grup B, Fajar/Rian kalah rubber game dari pasangan Korsel, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, dengan 20-22, 21-17, 12-21.

Hasil itu tetap membawa Fajar/Rian lolos sebagai juara grup ditemani Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di posisi kedua.

"Besok di semifinal harus lebih fokus lagi. Kami harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan ini. Lawan siapapun besok kami harus siap," ucap Fajar.

Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung menyelesaikan babak penyisihan Grup A di posisi ketiga. Gregoria menutup penyisihan dengan kemenangan atas Ga Eun Kim (Korsel) dengan 21-14, 20-22, 21-17.

"Turnamen ini merupakan pembelajaran yang besar untuk saya. Saya tidak mau menyerah begitu saja, walau sudah tidak bisa lagi lolos tapi saya mau memperbaiki dua penampilan saya sebelum ini. Itu yang saya ingat terus dalam pertandingan tadi," kata Gregoria.

"Tahun 2023 cukup ada hasil yang bisa saya nikmati dan saya bersyukur punya support system yang terus mendukung saya di tahun-tahun sebelumnya sehingga tahun ini berkat adanya mereka juga. Tapi di sisi lain, karena saya sudah di posisi ini, saya pasti punya target yang lebih tinggi dan saya tahu itu perlu usaha dan keinginan yang lebih lagi," tukasnya. (Dhk/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat