visitaaponce.com

Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis

Kevin Sanjaya Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya(MI/Ramdani)

KEVIN Sanjaya Sukamuljo mengumumkan pensiun sebagai pebulu tangkis profesional. Pengumuman itu disampaikan melalui akun instagram @kevin_sanjaya, Kamis (16/5) siang. 

Mantan partner Marcus Fernaldi Gideon itu juga disebut telah hengkang dari pelatnas PBSI sejak 6 April 2024 lalu.

"Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship. Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini," tulis Kevin. 

Baca juga : Marcus Gideon Umumkan Pensiun dari Bulu Tangkis

"Saya sangat bersyukur Tuhan telah memberikan karir yang luar biasa di dunia badminton. Perjalanan saya di dunia badminton di mulai dari saya berusia 5 tahun. Di usia saya yang ke 12, saya merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita saya sebagai atlet nasional. Di tahun 2013 saya mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI di kota Jakarta."

Masa depan Kevin di bulu tangkis sudah jadi pertanyaan sejak rekannya Marcus menyatakan mundur pada 9 Maret 2024. Apakah akan melanjutkan kariernya sebagai pebulu tangkis profesional, atau membuat keputusan yang sama seperti Marcus. Apalagi, ia tak kunjung muncul dalam sesi latihan bersama sektor ganda putra sejak awal musim 2024.

Atlet berusia 28 tahun itu mengaku keputusan untuk pensiun telah dipertimbangkan matang dan didiskusikan dengan orang terdekat.  Alasan yang jadi pertimbangan Kevin diantaranya karena cedera dan hanya jadi penggembira di pelatnas.

Baca juga : PBSI belum Tentukan Nasib Marcus/Kevin

"Di mulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Di tambah, partner saya cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024," 

"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas," lanjutnya.

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang di berikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton."

Baca juga : PBSI akan panggil the Minions Terkait Keputusan Pensiun Marcus

Di kesempatan itu, Kevin juga mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan kariernya. 

"Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo pamit. Mohon doanya untuk saya, Valen dan Avery untuk perjalanan kami berikutnya," tutup Kevin. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagja mengatakan Kevin hengkang dari pelatnas PBSI sejak 6 April 2024 lalu.

"Intinya, Kevin menyatakan pamit dari pelatnas. Kita hormati keputusan dan waktu Kevin, kita juga mengapresiasi prestasi Minions yang sudah menjadi ganda putra nomor satu dunia untuk waktu yang lama, dan menyumbang banyak gelar untuk Indonesia," kata Ricky dikutip Medcom.id. 

Untuk merayakan perpisahan tersebut, PBSI menyiapkan rangkaian acara khusus di Indonesia Open 2024 nanti. Acara nanti merupakan apresiasi untuk Kevin dan Marcus yang sudah banyak memberi kontribusi untuk bulu tangkis Indonesia. (P-5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat