visitaaponce.com

Oleksandr Usyk Kehilangan Gelar Tinju Kelas Berat Dunia Versi IBF

Oleksandr Usyk Kehilangan Gelar Tinju Kelas Berat Dunia Versi IBF
Petinju kelas berat dunia asal Ukraina Oleksadr Usyk(AFP/Daniel LEAL)

BEBERAPA pekan usai menjadi juara tinju kelas berat sejati pertama dalam tempo hampir 25 tahun, Oleksandr Usyk harus kehilangan salah satu sabuk juaranya.

Usyk mengalahkan Tyson Fury lewat kemenangan angka pada 18 Mei sehingga memenangkan gelar tinju kelas berat versi WBC ke gelar WBA, WBO, dan IBF miliknya.

Namun, Rabu (26/6), petinju Ukraina itu mengatakan telah melepaskan gelar tinju kelas berat dunia versi IBF, yang kini akan diperebutkan oleh Anthony Joshua dan Daniel Dubois.

Baca juga : Tarung Ulang Antara Oleksandr Usyk dan Tyson Fury akan Digelar pada Desember

Dubois adalah penantang utama untuk gelar tinju kelas berat dunia versi IBF dan akan berhadapan dengan sesama petinju Inggris, Joshus, di Stadion Wembley pada 21 September mendatang.

"Anthony dan Daniel, saya tahu gelar IBF penting untuk kalian. Ini hadiah dari saya untuk kalian pada 21 September mendatang," ujar Usyk melalui X.

Usyk, sebelumnya, meminta agar gelar tinju dunia kelas berat versi IBF tidak diambil dari dirinya agar dia tetap berstatus juara dunia sejati kala kembali menghadapi Fury dalam pertarungan ulang pada 21 Desember mendatang.

Namun, IBF menegaskan, berdasarkan aturan harus mengambil gelar usyk karena dia tidak tampil di laga wajibnya melawan Dubois.

Lenox Lewis merupakan juara tinju kelas berat dunia sejati sebelum Usyk pada 1999. Namun, itu kala gelar tinju masih tiga versi sebelum WBO diakui secara resmi pada 2007. (bbc/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat