visitaaponce.com

Kesan Pertama Mencoba Langsung Kia Carens 1.5L

AGEN Pemegang Merek mobil Kia, PT Kreta Indo Artha (KIA) mengundang beberapa media untuk mencoba langsung MPV terbaru Kia Carens di kawasan BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (12/10). Kia Carens sendiri telah diluncurkan di ajang Gikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Agustus lalu.

Satu jam yang diberikan oleh KIA kepada media memang bukan durasi yang ideal untuk mengeksplorasi seluruh fitur dan karakter kendaraan secara utuh. Belum lagi kondisi lalu lintas dan ragam jenis permukaan jalannya yang kurang lengkap. Tapi setidaknya inilah kesan yang dirasakan saat pertama kali mengendarai MPV keluarga ini. 

Sejatinya, Kia Carens tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.400 cc Turbo dan 1.500 cc Normally Aspirated (N/A). Namun kali ini Media Indonesia mendapatkan unit 1.500 cc N/A. Mesin Carens Smartstream Gamma II 1.5L ini mampu menghasilkan output maksimal 115 PS pada 6.300 rpm dsengan torsi puncak sebesar 144 Nm pada 4.500 rpm. Disanding dengan transmisi IVT, Carens 1.5 diklaim mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam tempo 12,1 detik.

Kombinasi angka di atas memang jauh dari kata dahsyat. Tapi setidaknya performa ini termasuk salah yang satu terbesar di kelasnya. Saat dicoba langsung di lantai jalan kawasan BSD City, kami rasakan performanya cukup responsif. terlebih saat mode berkendara dipanteng di 'Sport Mode'.

Kalaupun dianggap kurang, ada pilihan mesin Kappa 1.4 Turbo berteknologi Gasoline Direct Injection (GDI) yang jauh lebih bertenaga, yaitu 140 PS pada 6.000 rpm dengan torsi dahsyat sebesar 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm, dikombinasi kopling ganda 7-Speed DCT. Alhasil, untuk melesat dari 0 ke 100 km/jam diraih dalam 9,8 detik.

Dalam urusan kenyamanan, kendaraan ini didukung kabin yang cukup kedap, serta suspensi yang kenyal. Melintasi speed trap pada kecepatan tinggi bukan hal yang mengganggu. Menikmati alunan musik dari 8 speaker lansiran Bose berkekuatan 400 Watt juga menjadi lebih nyaman dari gangguan kebisingan.

Sebaliknya, untuk fitur pembantu pengemudi, ia tidak melimpah. Cruise control pun masih konvensional. Untungnya masih ada Electronic Stability Control (ESC), dan cukup istimewa dengan kehadiran fitur yang umumnya hanya ada di segmen SUV yaitu kombinasi dari Downhill Brake Control (DBC) dan Hill-start Assist Control (HAC).

Sambil berkendara, kami mencoba mendaftar keberadaan fitur-fitur lain yang dimilikinya. Ada jok berventilasi yang dapat menghembuskan udara sejuk di bagian punggung. Ada roda kemudi tilt dan telescopic steering. Banyak juga kompartemen penyimpanan barang. Yang cukup seru, ada tempat minuman yang dilengkapi pendingin di bagian konsol tengah dan di bagian depan penumpang baris kedua dengan mamanfaatkan hembusan udara AC.

Di bagian atap terdapat sunroof, dan lubang saluran udara AC di bagian plafon yang sangat ramping. Posisi lubang AC ada di atas kepala penumpang baris kedua dan ketiga yang kisi-kisinya dapat diputar ke segala arah. Alhasil, udara sejuk dapat meyebar rata ke seluruh penjuru kabin.

Kia Carens ditawarkan dalam dua varian yaitu 1.5L IVT 7 Seater yang dibanderol on the road DKI Jakarta seharga Rp389 juta, dan 1.4L Turbo DCT Captain seat (6 Seater) seharga Rp449 juta. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Suplemen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat