visitaaponce.com

Menyusuri Rute Jakarta-Semarang-Yogyakarta Bersama All New Kijang Innova Zenix

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak sejumlah awak media dalam acara journalist test drive (JTD) All New Kijang Innova Zenix yang dibagi dalam dua kelompok. Batch pertama menempuh rute Jakarta-Semarang-Yogyakarta pada 19-20 Desember. Batch kedua digelar pada 20-21 Desember menempuh rute kebalikan dari batch pertama. 

Perjalanan yang menempuh jarak sekitar 600 kilometer tersebut melibatkan 8 unit Innova Zenix, yang terdiri dari 4 unit bermesin bensin dan sisanya versi mesin hybrid. Masing-masing berisi empat jurnalis. Rute yang dipilih menyajikan berbagai kondisi jalan yang cukup lengkap sehingga mewakili kondisi jalan di Indonesia. 

Berangkat dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, rombongan bergerak menembus kemacetan lalu lintas menuju, ruas Tol Trans Jawa via tol layang MBZ. Suspensi Innova bermesin bensin ini dengan jumawa memamerkan kemampuannya dalam meredam guncangan. Rasanya jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Hal itu sangat wajar. Pasalnya, Kijang generasi ke-7 ini tidak lagi menggunakan sasis terpisah model tangga, lewat penggunaan platform baru TNGA: GA-C berbodi monocoque yang memungkinkan disematkannya suspensi baru, sistem penggerak roda depan, serta fitur safety yang lebih canggih.

All New Kijang Innova Zenix Gasoline dibekali mesin mesin TNGA 2.0 liter Dual VVT-i berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine bertenaga 174 PS @ 6.600 rpm dengan torsi 205 Nm @ 4.500-4.900 rpm, jauh lebih bertenaga dibandingkan Innova generasi sebelumnya. Alhasil berkendara jarak jauh lebih terasa tenang tanpa khawatir kehabisan tenaga.

Tiba di Rest Area 379 A Gringsing, kami mendapat giliran mengemudikan All New Kijang Innova Zenix Hybrid dan melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang. Rute kali ini memberikan kesempatan kami untuk mencoba berbagai fitur canggih yang tersedia. 

Diantaranya adalah Lane Keeping Assist (LKA) yang sangat membantu meluncur tetap pada lajur, dikombinasi Adaptive Cruise Control (ACC) yang dapat mengatur kecepatan untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Hal ini sangat membantu saat perjalanan jauh sehingga lebih santai. Alhasil saat tiba di Semarang, kondisi tubuh tetap bugar 

Di Kota Lunpia ini, rombongan beristirahat untuk menyiapkan perjalanan lebih menantang di keesokan paginya. Pasalnya rute kali ini melintasi kawasan wisata Kopeng yang berada di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut yang diwarnai jalan berliku, naik-turun, plus tikungan-tikungan patah. 

Di sini, Innova Hybrid bermesin M20A-FKX 2.0 liter bertenaga 152 PS @ 6.000 rpm dengan torsi 187 Nm @ 4.400-5.200 rpm dikombinasi motor listrik berdaya 113 PS dengan torsi 206 Nm menghasilkan total tenaga maksimum 186 PS dengan mudah menaklukkan tantangan tersebut. Terlebih dukungan handlingnya yang cukup baik. 

Kebetulan Zenix Hybrid yang kami tunggangi adalah model Q HV CVT TSS Modellista yang lebih mewah dari model bensin yang pertama kami kendarai. Terlebih dengan adanya captain seat dengan kursi ottoman electric reclining di baris kedua serta Panoramic Retractable Roof lebar yang membuat penumpang bisa lebih leluasa menikmati keindahan alam di sana. 

Dari Kopeng perjalanan berlanjut ke arah Yogyakarta melalui Magelang dan Sleman dimana kami mengakhiri kegiatan journalist test drive (JTD) untuk menyerahkan kendaraan pada rombongan peserta JTD batch kedua. 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat