visitaaponce.com

Hino Luncurkan Kendaraan Khusus Armada Pengiriman B3

Hino Luncurkan Kendaraan Khusus Armada Pengiriman B3
(MI/NURTJAHYADI)

MERAYAKAN 40 tahun kehadiran merek Hino di Indonesia, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menggelar acara bertajuk 'Launching Product & Hino 40th Anniversary' yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (18/1). Selaras dengan tajuk yang diusungnya, HMSI juga meluncurkan Hino 500 Series Ultimate Safety Model USM.

Kehadiran Hino 500 Series Ultimate Safety Model terbaru kali ini diperuntukkan bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan khusus untuk mengangkut Bahan Berbahaya Beracun (B3). Total ada enam model Hino 500 Series USM, yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL260 JN ABS, FL 260 JW ABS, dan FM 340TH ABS. 

Product Division head HMSI Seno Wirdiyawantoro menjelaskan, fitur keselamatan sangat penting bagi kendaraan angkutan B3 karena kendaraan harus dapat menjamin bahan yang diangkut aman, dan dapat memberikan keselamatan penumpang, pengemudi, maupun lingkungan sekitar.

Diantara aspek yang digarisbawahi oleh Seno, salah satunya adalah kenyamanan untuk keselamatan, yaitu bagaimana kenyamanan kabin membuat pengemudi tidak cepat lelah. Karena berdasarkan data, umumnya kecelakaan yang terjadi dari faktor human error diakibatkan oleh pengemudi yang lelah.

Oleh karena itu fitur utama pada Hino 500 diantaranya adalah perangkat AC. Fitur tambahan lainnya berupa power window dan central door lock sehingga kaca jendela dan kunci pintu di seberang pengemudi dapat dikendalikan oleh pengemudi tanpa harus beranjak dari posisi duduknya.

Seno menambahkan, bahwa seluruh seri Hino 500 terbaru ini telah dilengkapi dengan pengereman Anti-lock Braking System (ABS) untuk mencegah ban mengunci saat pengereman secara mendadak untuk menjaga traksi sehingga kendaraan tetap dapat dikendalikan dan lebih aman.

Hino 500 Series USM juga telah dilengkapi Daytime Running Light (DRL) LED untuk memudahkan truk terlihat di jalan sehingga meningkatkan kewaspadaan terhadap pengendara lain terhadap keberadaan kendaraan berukuran besar di siang hari, terutama saat kondisi hujan dan berkabut tebal.

Kendaraan ini hadir dengan desain On Road Cabin yang menjadikan tampilannya lebih modern lewat gril yang lebih lebar. Sementara bagian kepala kabin, kini dilengkapi dengan Cabin Tilt Safety yang memastikan kepala kabin sudah terkunci dengan benar.

Product Division head HMSI Seno Wirdiyawantoro menjelaskan bahwa fitur safety tambahan tersebut hadir untuk mencegah kepala kabin terjungkit saat di jalan akibat pengendara tidak mengunci kepala kabin dengan sempurna. 

"Fitur ini hadir berdasarkan permintaan konsumen yang mengalami beberapa kasus kecelakaan karena kabin terjungkit saat dikemudikan sehingga kendaraan tidak terkendali dan kecelakaan," tutur Seno.

Fitur keselamatan ini berupa tambahan indikator lampu dan suara peringatan yang akan aktif saat pengunci kepala kabin tidak terpasang dengan sempurna.

Fitur lainnya adalah penambahan Strainer pada saluran bahan bakar untuk menghancurkan gel dari bahan bakar nabati (biosolar) sehingga usia filter bahan bakar lebih panjang sehingga mengurangi biaya perawatan.

Hino 500 Series merupakan kendaraan di kategori Medium Duty yang menjadi model andalan Hino di Indonesia yang sudah 23 tahun memegang market share tertinggi di segmennya dengan pangsa pasar sebesar 60%. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat