visitaaponce.com

Lamborghini Revuelto, Mobil Hibrida Bertenaga 1.000 Kuda

Pekan lalu, produsen supercar asal Italia mengumumkan pengganti model Lamborghini Aventador. Kali ini, Lambhorgini kembali menggunakan mesin legendaris V12 yang disematkan pada model baru yang diberi nama Lamborghini Revuelto.

Mesin V12 Revuelto berteknologi hybrid yang terdiri dari mesin V12 hasil pengembangan terbaru, yang dikombinasikan dengan trio motor elektrik yang mampu menghasilkan total 1.000 hp dan memungkinkan Revuelto melesat dari 0 ke 100km/jam hanya dalam 2,5 detik! Alias 0,3 detik lebih cepat bila dibandingkan dengan Aventador, dengan kecepatan maksimum lebih dari 350 km/jam.

Dua motor listriknya memasok daya ke roda depan secara independen, sementara motor listrik ketiga dibuat terintegrasi dengan transmisi. Sementara transmisinya sendiri menggunakan jenis otomatis dual-clutch 8 tingkat percepatan yang bertugas memasok tenaga ke roda-roda belakang. Motor ketiga ini juga dapat bekerja secara independen, maupun bekerja bersama mesin V12, tergantung mode pengendaraan.

Dari 13 mode pengendaraan yang tersedia, salah satunya adalah electric all-wheel drive (e-AWD) mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas 3,8 kWh yang berada di tengah mobil. Diperkirakan, jarak tempuh pada modus e-AWD ini sekitar 9,6 km. Sementara untuk modus pengendaraan paling bertenaga ada pada Corsa Mode.

Pada mode ini, powertrainnya mampu memasok 1.000 hp dengan mesin V12 6.5 liter yang selalu aktif untuk memastikan baterai selalu terisi daya. Sistem sasis juga berubah ke pengaturan paling responsif. Untuk semakin memaksimalkan tenaga, pengendara dapat menonaktifkan electronic stability control, sehingga tidak ada daya yang tertahan ke roda saat berkendara menggapai limit.

Pengaplikasian material serat karbon banyak digunakan pada Revuelto sehingga bodi lebih kaku dan lebih ringan dibandingkan dengan Aventador, meskipun ujung-ujungnya, ia lebih berat 222 kg dari Aventador dengan bobot 1.771 kg. Sedangkan distribusi bobot depan/belakang-nya adalah 44/56.

Desinnya sendiri jelas menunjukkan evolusi dari Aventador, dengan beberapa elemen baru yang diklaim oleh Lamborghini terinspirasi dari jet tempur modern. Elemen aerodinamika juga menjadi satu dengan desain. Sedangkan sayap belakang dapat diatur secara manual dalam tiga tahap untuk menghasilkan berbagai tingkatan downforce.

Bagian dalam terdapat layar digital 12,3 inci untuk instrument cluster. Layar kedua dengan format berdiri di tengah menyajikan infotainment, sedangkan layar ketiga ada di depan penumpang berisi informasi dan menjadikan penumpang sebagai co-pilot.

Rencananya Revuelto akan dikirim ke para pemesannya akhir tahun ini. Sedangkan untuk harga belum diumumkan. Namun diperkirakan bakal memiliki banderol kurang lebih sekitar US$542.000.

Kehadiran Revuelto hybrid menegaskan kebijakan masa depan Lamborghini terhadap elektrifikasi. Di akhir 2024 nanti, setiap Lamborghini akan menggunakan teknologi elektrifikasi pada mesinnya. Pada semester pertama 2024 Lamborghini akan merilis Urus Plug-in Hybrid dan diakhir tahun itu juga, Lamborghini akan meluncurkan versi plug-in hybrid untuk penerus model Huracan. Kedua kendaraan tersebut diperkirakan mengusung mesin V8 twin-turbo.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat