visitaaponce.com

Honda Rencanakan Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Besar di Kanada

Honda Rencanakan Bangun Pabrik Kendaraan Listrik Besar di Kanada
Honda berencana membuka pabrik kendaraan listrik di Kanada, dengan dukungan dari pemerintah federal dan provinsi Ontario. (AFP)

PERUSAHAAN raksasa otomotif Jepang Honda akan membuka pabrik kendaraan listrik di timur Kanada. Sumber pemerintah Kanada yang akrab dengan proyek bernilai miliaran dolar tersebut memberi tahu AFP pada hari Senin.

Pemerintah federal serta provinsi Ontario, tempat pabrik akan dibangun, akan memberikan insentif keuangan untuk kesepakatan tersebut, menurut sumber tersebut yang berbicara dengan syarat anonimitas.

Pengumuman resmi dijadwalkan, Kamis, meskipun perdana menteri Ontario Doug Ford mengisyaratkan tentang kesepakatan tersebut pada hari Senin.

Baca juga : Semester II 2023, BASF Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Maluku Utara

"Minggu ini, kami telah mencapai kesepakatan baru. Ini akan menjadi kesepakatan terbesar dalam sejarah Kanada. Ini akan dua kali lipat dari Volkswagen," katanya, merujuk pada pabrik baterai yang diumumkan tahun lalu, di mana produsen otomotif Jerman itu berjanji menginvestasikan CA$7 miliar (US$5 miliar).

Kanada dalam beberapa tahun terakhir telah memposisikan dirinya sebagai tujuan investasi kendaraan listrik yang menarik, mempromosikan insentif pajak, akses energi terbarukan, dan deposit mineral langka.

Pabrik Honda, yang akan dibangun sejam di luar Toronto, di Alliston, juga akan memproduksi baterai kendaraan listrik, bergabung dengan pabrik baterai Volkswagen dan Stellantis yang sudah ada.

Baca juga : Volkswagen akan Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di RI

Pada Januari, ketika berita tentang kesepakatan itu pertama kali muncul di media Jepang, surat kabar Nikkei memperkirakan nilainya sebesar CA$14 miliar- angka yang didukung oleh pejabat Kanada baru-baru ini.

Dalam anggaran federal yang diumumkan minggu lalu, pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau memperkenalkan kredit pajak bisnis baru, memberikan perusahaan rabat 10% untuk biaya konstruksi bangunan baru yang digunakan dalam segmen kunci rantai pasok kendaraan listrik.

Strategi Kanada mengikuti Amerika Serikat tetangga, yang Undang-Undang Pengurangan Inflasi-nya telah memberikan sejumlah insentif untuk industri hijau.

Honda berharap hanya menjual kendaraan nol emisi pada tahun 2040, dengan tujuan mencapai netralitas karbon dalam operasinya sendiri pada tahun 2050. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat