visitaaponce.com

Mahfud Kirim Tim Dalami Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara

Mahfud Kirim Tim Dalami Kerusuhan di PT GNI Morowali Utara
Menko Polhukam Mahfud MD(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengaku telah mengirim tim untuk mendalami kerusuhan yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/1).

"Saya sudah utus tim untuk mendalami ini dan segera memberikan laporan yang paling update kepada saya," ujar Mahfud di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/1).

Ia mengatakan kementerian dan lembaga terkait juga sudah bergerak untuk melakukan penanganan.

"Kalau substansinya menyangkut Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Investasi. Kalau soal keamanan biar polisi," tuturnya.

Dalam kesempatan berbeda, Kapolri Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya sudah menangani bentrokan yang terjadi di area pabrik milik PT Gunbuster Nickel Industri (GNI).

Saat ini, aparat sudah menangkap 71 orang yang diduga terlibat dan melakukan pengrusakan serta memicu bentrokan. Sebanyak 17 di antara mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Peristiwa tersebut sudah bisa diatasi oleh kepolisian. Beberapa pelaku pengrusakan saat ini sudah diamankan, jumlahnya ada 71 orang. Sebanyak 17 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Listyo.

Lokasi kejadian dan area sekitar pun sudah mendapat pengawalan petugas keamanan. Listyo menyebut telah menurunkan 548 anggotanya dan akan ditambah lagi 2 satuan setingkat kompi (SSK) Brimob dari pusat.

Dengan situasi yang kian kondusif dan penjagaan yang ketat, GNI pun akan memulai kembali kegiatan operasionalnya pada Selasa (17/1). (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat