visitaaponce.com

Anies Baswedan Koalisi Selesai, Pasangannya akan Dibahas

Anies Baswedan: Koalisi Selesai, Pasangannya akan Dibahas
Bakal Calon Presiden Partai NasDem Anies Baswedan berpidato usai pembacaan hasil keputusan musyawarah majelis syuro VIII PKS di Jakarta.(MI/Adam Dwi.)

PEMBAHASAN terkait calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan masih berlangsung di tengah fase penyusunan konsolidasi Koalisi Perubahan saat ini. Setelah koalisi selesai, baru pasangan Anies akan dibahas.

Hal tersebut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai dirinya resmi diusung sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pilpres 2024 oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2). "Pembicaraan tentang pasangan memang masih terus berlangsung dan pada fase ini penyusunan konsolidasi koalisi. Nanti sesudah koalisinya selesai kita akan bersama-sama membahas mengenai pasangannya," kata Anies.

Ketika ditanyakan terkait potensi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi pasangannya dalam Pilpres 2024, Anies kembali menegaskan bahwa saat ini masih berjalan proses konsolidasi Koalisi Perubahan. "Pokoknya sekarang kita berjalan dulu dan konsolidasi untuk koalisi. Ini sambil berjalan untuk mencari namanya," ujarnya. 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa pembicaraan terkait bakal calon wakil presiden akan dilakukan pembahasan bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat yang tergabung dengan Koalisi Perubahan. Secara khusus, ia menyebut pembicaraan soal bakal calon wakil presiden akan secara khusus dibicarakan dengan Anies Baswedan terkait preferensi kecocokan dirinya akan dipasangkan dengan seseorang, termasuk menilik berdasarkan sejumlah hasil survei. "Sesuai dengan pembicaraan di tim kecil masing-masing partai, dari PKS, NasDem, dan Demokrat, kita akan bicarakan secara khusus dengan capresnya sendiri dengan siapa beliau akan ber-chemistry, dengan siapa beliau akan bisa menuju kemenangan," katanya. 

Baca juga: SKI: Pertemuan Surya Paloh dan AHY Bentuk Kematangan Berpolitik

PKS, ujarnya, akan menyerahkan pembahasan terkait nama bakal calon presiden yang potensial yang dipasangkan dengan Anies Baswedan kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS. "Majelis Syura mengamanahkan kepada DPTP (Dewan Pimpinan Tingkat Pusat) untuk melakukan pembahasan," katanya. 

Sebelumnya, Sabtu (28/1), Juru Bicara Tim Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan Koalisi Perubahan yang terdiri atas Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS menyerahkan sepenuhnya nama calon wakil presiden kepada Anies Baswedan untuk mendampinginya pada Pemilu 2024. "Ini semua merupakan dinamika yang patut disyukuri," kata Sudirman Said dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta. (Ant/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat