visitaaponce.com

TNI Akan Bentuk Kodam IKN

TNI Akan Bentuk Kodam IKN
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman(Dispen TNI AD)

TENTARA Nasional Indonesia (TNI) segera membentuk Komando Daerah Militer (Kodam) baru di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain sebagai pertahanan negara, pembentukan Kodam ini juga untuk menghadapi tantangan dan ancaman yang bisa muncul kapan saja.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, pembentukan Kodam IKN merupakan komitmen TNI AD dalam rangka pengamanan sekaligus dukungan terhadap program pemerintah membangun Kawasan IKN sebagai Pusat Pemerintahan Republik Indonesia di masa mendatang sekaligus center of gravity (COG).

"Tentunya kami TNI Angkatan Darat mendukung program IKN. Ini dalam tahapan pembangunan Markas Besar TNI Angkatan Darat dan kemudian disitu ada Kodam Khusus Nusantara," ungkap Dudung di Cimahi, Kamis (2/3).

Dudung menjelaskan, Kodam IKN akan dibangun secara simultan yang diselaraskan dengan pembangunan IKN yang ditargetkan rampung pada Juni 2024 mendatang. "Jadi akan ada modernisasi Alusista yang tentunya menyesuaikan dengan IKN dengan sistem pemerintahan yang serba modern," tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, Dudung menjelaskan, pembentukan Kodam IKN akan ditopang Kodam XII Tanjungpura serta Kodam VI Mulawarman karena secara jarak tidak terlalu jauh dari kawasan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. "Dan nanti akan didukung oleh Mabes kemudian Kodam dan Satpur, Banpur, maupun Kodim yang nanti akan diperbantukan," terangnya.

Sedangkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto mengungkapkan pihaknya mendorong pembangunan Kodam IKN sebagai bagian dari tranformasi pertahanan dalam menghadapi tantangan serta dinamika global abad 21 menuju 100 tahun Indonesia pada tahun 2045 mendatang.

"Pembangunan Kodam IKN tranformasi pertahanan untuk mengantisipasi dinamika geopolitik yang baru sekaligus, penempatan teknologi-teknologi persenjataan akan bisa diadopsi dalam pembangunan Kodam IKN sehingga, Kodam IKN akan menjadi prototipe pertahanan Indonesia," jelasnya. (OL-15)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat