visitaaponce.com

Surya Paloh Parpol Peserta Pemilu 2024 Hadapi Tantangan Hukum yang Semakin Kuat

KETUA Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan bahwa kompleksitas permasalahan hukum di Indonesia semakin kuat. Hal itulah yang menjadi tantangan bagi partai politik dalam persiapan menghadapi pemilu serentak di tahun 2024.

"Kompleksitas permasalahan hukum di negeri ini makin lebih hebat dan kuat. Dan inilah yang harus dihadapi oleh institusi partai politik," ujarnya dalam acara Silaturahmi Nasional Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai NasDem, Jumat (10/3).

Menyadari kenyataan tersebut, Paloh menyampaikan apresiasi kepada BAHU sebagai tulang punggung yang mengawal proses hukum Partai NasDem. BAHU tidak sekadar hadir ketika ada permasalahan hukum atau sengketa pemilu, tetapi sejak tahapan awal pemilu sudah bersiaga.

Baca juga : Surya Paloh Tegaskan Posisi Cawapres Wewenang Anies

"Saudara ikut menentukan jalannya arus gerakan perubahan ke depan. Saudara menorehkan sekecil apapun tercatatnya arti kehadiran saudara dalam sejarah perjalanan dan pergulatan NasDem di negeri ini," ucap Paloh.

Menurutnya, BAHU hadir untuk mengurai kompleksitas permasalahan hukum. Hal itu dilakukan secara profesional demi mempertahankan idealisme partai.

"Memperjuangkan sesuatu memang memberikan konsekuensi yang kadang-kadang amat melelahkan, mengesalkan hati kita, bahkan bukan tidak mungkin selalu menggoda hati kita juga untuk melepaskan semua prinsip-prinsip keyakinan yang kita sebut dengan idealisme itu sendiri. Menjadi seseorang yang tetap mengedepankan aturan dan etika batasan itu harus diperjuangkan," kata dia.

Baca juga : Paloh Temui Prabowo, BPIP: Silahturahmi Politik Jaga Konsensus Bernegara Jelang Pemilu 2024

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Bidang Hukum dan HAM Taufik Basari mengatakan bahwa BAHU akan mengawal suara NasDem dari sisi hukum. Mulai dari tahap awal sampai sengketa, peran BAHU menjadi andalan bagi NasDem.

"Pengawalan sejak awal, sejak tahap awal itu kita lakukan bersama. Sehingga kalau ada perkara kita sudah siap untuk mempertahankan suara kita atau merebut suara kita," ucapnya.

Dalam silaturahmi, hadir anggota BAHU dari seluruh DPW NasDem di Tanah Air. Mereka telah mengikuti bimbingan teknis yang berlangsung di Bogor pada 6-9 Maret 2023. Dalam bimbingan tersebut, BAHU NasDem mendapatkan materi soal hukum acara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang langsung diberikan materinya oleh perwakilan Mahkamah Konstitusi (MK).(Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat