visitaaponce.com

Presiden Masyarakat harus Awasi Anggaran Pembangunan Papua

Presiden: Masyarakat harus Awasi Anggaran Pembangunan Papua
Presiden Joko Widodo berbincang dengan atlet Peparnas saat berkunjung di Gor Cendrawasih, Jayapura, Papua.(Antara)

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Papua turut mengawasi anggaran yang ditujukan untuk pembangunan di daerah masing-masing.

Pengawasan wajib dilakukan mengingat anggaran yang digelontorkan untuk Bumi Cendrawasih sangat. Sejak 2014 hingga 2022, dana ,pemerintah mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, yang digunakan untuk memajukan Papua mencapai Rp1.036 triliun.

“Ini hati-hati. Uang ini, uang yang sangat besar sekali. Oleh sebab itu, saya minta kepada masyarakat di tanah Papua tolong ini diawasi, dikawal, diamati terus. Jangan sampai belok kemana-mana, nanti tidak akan jadi barang. Hati-hati mengenai ini," ujar Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Papua, Selasa (21/3).

Baca juga: Warga Keerom Papua Minta Pemerintah Berikan Fasilitas Pascapanen

Kepala Negara menekankan pentingnya membangun Papua dan menjadikannya wilayah yang maju. Saat ini, pemerintah tidak lagi berorientasi Jawasentris. Pembangunan dilakukan secara merata dari

Saat ini, jalan Trans Papua sudah terbangun sepanjang 3.462 kilometer (km).

Baca juga: Presiden Minta TNI Polri Kawal Pembangunan Papua

"Jalan di perbatasan 1.098 km juga telah dibangun. Jembatan Youtefa 1,3 km ada di Jayapura. Bandara Domine Eduard Osok di Sorong (Papua Barat), kita perbaiki terminalnya. Bandara di Wamena kita bangun, Jayawijaya," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Selain itu, ada juga pos lintas batas negara yang kini berdiri megah di tiga lokasi yaitu di Skouw, Kota Jayapura, di Sota, Merauke, dan Yetetkun di Boven Digoel. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat