visitaaponce.com

Warga Keerom Papua Minta Pemerintah Berikan Fasilitas Pascapanen

Warga Keerom Papua Minta Pemerintah Berikan Fasilitas Pascapanen
Petani sedang memanen jagung.(Antara/Siswowidodo)

Warga di tujuh kampung di Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, mengharapkan lumbung pangan atau food estate yang dibangun pemerintah bisa memberikan dampak positif yang nyata bagi kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.

Kepala Distrik Mannem, Elisabeth Abar, mengatakan lumbung pangan jagung yang berada Kampung Wambes dengan luas 3.000 hektare sedianya sangat berpotensi mengangkat perekonomian penduduk. Hanya saja, itu bisa terjadi jika pengelolaan dilakukan secara baik dan berkelanjutan.

Ia pun meminta pemerintah pusat tidak hanya menyediakan lahan saja, tetapi juga fasilitas pascapanen untuk mengolah hasil panen.

Baca juga: Presiden akan Resmikan Papua Youth Creative Hub

“Masyarakat di tujuh kampung berharap agar ke depan ada pabrik pengolahan jagung di sekitar lokasi food estate. Dengan begitu, para petani tidak perlu menjual hasil pertanian ke Kota Jayapura karena akses yang sangat jauh,” ujar Mannem di Keerom, Papua, Selasa (21/3).

Selain untuk memudahkan petani, keberadaan pabrik pengolahan jagung juga diyakini bisa menjaga kestabilan harga komoditas tersebut di Papua.

Baca juga: Food Estate Kapuas dan Pulang Pisau Berproses dengan Baik

Sementara itu, Ketua kelompok Tani Zeepi Mater mengatakan ada lebih dari 200 petani yang terlibat langsung dalam pemanfaatan lahan jagung seluas 3.000 hektare itu.

"Lahan itu dibagi ke dalam 10 kelompok tani. Tiap-tiap kelompok berjumlah 20-24 orang ditambah dengan tiga gabungan kelompok tani," katanya.

Dia berharap pemerintah bisa memberikan bantuan lagi seperti mesin dan alat pertanian sehingga dalam pemanfaatan lahan jagung lebih maksimal.

"Karena kami berharap lahan jagung itu bisa menjawab kebutuhan kami dalam pemenuhan ekonomi," tutur Mater.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo hari ini, Selasa, akan berkunjung ke Keerom untuk meninjau pertanian di food estate di daerah itu. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat