visitaaponce.com

Mentan Lepas Ekspor Jagung 50 Ribu Ton ke Filipina

Mentan Lepas Ekspor Jagung 50 Ribu Ton ke Filipina
Pekerja menyiapkan jagung untuk diangkut ke atas kapal di Pelabuhan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo.(Antara)

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor perdana komoditas jagung ke Filipina dari Gorontalo, sebesar 50 ribu ton, Rabu (29/5). Agenda pelepasan itu merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor dan juga meningkatakan produktivitas jagung di Gorontalo.

"Ini luar biasa. Lima bulan lalu kita masih impor 250 ribu ton. Sekarang kita bisa ekspor 50 ribu ton. Ini adalah kebangkitan kita di sektor pangan khususnya jagung," ujar Amran melalui keterangan tertulis, Kamis (30/5).

Ia mengaku ingin menjadikan Gorontalo sebagai percontohan keberhasilan dalam meningkatkan produksi jagung. Ia pun menargetkan pada tahun depan, provinsi tersebut mampu memiliki hasil panen di atas 2 juta ton. Saat ini, angka produksi baru menyentuh 1,5 juta ton.

Baca juga : Lepas Ekspor Jagung Gorontalo ke Filipina, Mentan Harapkan Petani Sejahtera

"Oleh karena itu kami beri bantuan benih 100 ribu hektare untuk Gorontalo. Harapanna tahun depan bisa mencapai target di atas 2 juta ton. Kami yakin pasti bisa karena orang Gorontalo sangat hebat. Saya juga mengapresiasi Gorontalo yang telah membuka wajah kita di mata internasional dari impor ke ekspor," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mendukung penuh upaya pemerintah baik pusat maupun daerah dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri dari hasil produksi Gorontalo. Bagi Rachmat, kegiatan ekspor adalah bukti bahwa Gorontalo merupakan wilayah subur yang terus memberi kontribusi positif bagi kemajuan Indonesia.

"Kegiatan ini telah memberi cahaya bagi masyarakat Gorontalo bahwa kebangkitan daerah ini dari yang tadinya merupakan daerah miskin ke 5 menjadi daerah yang makmur. Insya Allah ke depan tambah makmur berkat kehadiran Pak Menteri dan Pak Gubernur," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat