visitaaponce.com

Airlangga SBY Kemungkinan Bicara Cawapres Untuk Anies

Airlangga SBY Kemungkinan Bicara Cawapres Untuk Anies
Momen kebersamaan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY(Antara/Rivan Awal Lingga)

PERTEMUAN Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudoyono dinilai sebagai bentuk ketidaknyamanan Airlangga terhadap situasi koalisinya. 

Peneliti ahli utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor mengatakan ini kali kedua Airlangga melakukan pendekatan dengan SBY untuk bermanuver.

"Keliatannya Golkar tidak terlalu nyaman dengan situasi, dengan koalisi lain atau dia merasa kecolongan karena sikap PPP dan juga PAN. Ini kedua kali pendekatan dia ke SBY dan ini bagian untuk bermanuver dan kelihatannya yang bisa diajak bicara itu SBY," ungkapnya, Sabtu (29/4).

Baca juga : NasDem Pantau Figur Cawapres Anies Baswedan lewat Hasil Survei

Dengan pernyataan Golkar yang memastikan pertemuan tersebut terfokus pada perbicaraan menyoal pemilu, bisa jadi Airlangga akan berbicara langsung terkait posisi calon wakil presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP)

"Hanya saja dia akan bergaining langsung soal cawapres artinya SBY harus merelakan AHY. Dan kalau dari dugaan saya kalau arah pembicaraan ke sana maka ujungnya akan biasa aja tidak ada deal konkret kalau itu soal cawapres," ungkapnya.

Baca juga : NasDem Minta Pemilu 2024 tanpa Intimidasi Kaki Tangan Negara

Dia juga menjawab kemungkinan munculnya koalisi baru antara Demokrat dan Golkar hal itu kecil terjadi. Sebab komitmen tiga calon presiden yang sudah ada sudah kukuh.

"Tidak, itu tidak terjadi karena komitmen tiga capres ini sudah dalam dan tinggal menghitung hari dan akan memunculkan cawapres dari Anies berarti akan jalan terus. Peluang AHY masih ada walau pun masih berdebat," tukasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat