visitaaponce.com

PKS Sentil Kenegarawanan Plt Wali Kota Bekasi Usai Cabut Izin Kegiatan Anies

PKS Sentil Kenegarawanan Plt Wali Kota Bekasi Usai Cabut Izin Kegiatan Anies
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid.( Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez)

PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) menyentil kenegarawanan pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. Hal ini buntut pencabutan izin acara Senam Bareng Anies Baswedan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

"Padahal kalau diizinkan malah menjadi negarawan 'wah hebat sekalipun Plt-nya dari partai lain atau kementerian tapi mengizinkan', itu kan jadi negarawan ketimbang dilarang," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (29/7).

Tri Adhianto merupakan politikus PDI Perjuangan (PDIP). Menurut Hidayat, pencabutan izin tak perlu dilakukan dan justru membuat spekulasi terhadap kegiatan Anies.

Baca juga: Pengelolaan Bonus Demografi Harus Dimulai dari Pembangunan Keluarga

"Ngapain juga dilarang gitu, toh tetap bisa dilaksanakan itu kan dalam menimbulkan spekulasi yang tidak menguntungkan mereka," ujar Hidayat.

Wakil Ketua MPR itu menilai mestinya setiap kegiatan warga negara harus diakomodasi pemerintah daerah setempat. Terlebih kegiatan itu positif.

Baca juga: PKS Ambil Jalur Hukum Cegah Kegiatan Anies Dibatasi Lagi

"Ya intinya adalah lebih negarawan kalau diakomodasi lah kepentingan seluruh pihak ini selama memang dalam koridor hukum, tak ada yang dilarang dan yang enggak dilanggar dalam konteks itu," ucap Hidayat.

Sebelumnya, DPD PKS Kota Bekasi, Jawa Barat, kecewa karena Pemerintah Kota Bekasi mencabut izin pelaksanaan kegiatan Senam Bareng Anies Baswedan yang sedianya digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu, 29 Juli 2023. Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto juga meminta maaf atas insiden itu.

Tri menjelaskan semula telah menandatangani perizinan pemakaian Stadion Patriot Candrabhaga untuk agenda DPD PKS Kota Bekasi yang mengundang Anies Baswedan tersebut. Akan tetapi, dia beralasan, izin itu dicabut kembali karena terdapat regulasi PSSI terkait kesiapan pertandingan sepakbola Liga 1.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Bekasi, Heri Koswara, mengatakan pencabutan izin acara tersebut sangat mendadak pada H-1 dan tanpa adanya solusi. Dia merasa ada yang janggal dengan pencabutan izin acara dengan alasan akan adanya pertandingan sepak bola. Karena mengenai pertandingan telah dibahas sebelumnya saat survei.

DPD PKS Kota Bekasi sepakat mengikuti arahan Pemkot Bekasi untuk tidak menggelar acara di area rumput Stadion Patriot Candrabhaga. Namun, dia menduga bahwa pencabutan izin itu terjadi lantaran mendengar kabar akan hadirnya Anies Baswedan dalam agenda tersebut.

"Oke kita sepakat tidak menggunakan rumput utama bahkan kita menggunakan border, sip, buat izin. Tapi tiba-tiba, karena mendengar sang pelopor perubahan hadir di Kota Bekasi maka dengan seenaknya dia membatalkan tanpa mengundang dan tanpa memberikan solusi," kata Heri di Bekasi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat