visitaaponce.com

DPR Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI 14 November

DPR Jadwalkan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI 14 November
KSAD Agus Subiyanto (kiri) dan Panglima TNI Yudo Margono (tengah).(Antara)

KOMISI I DPR menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto. Kegiatan itu rencananya dihelat pada 14 November 2023.

"Kurang lebih seperti itu (tanggal 14 November), tapi kita lihat perkembangannnya. Kalau dari pimpinan DPR nanti turunkan lebih cepat, kita bisa buat lebih cepat, gitu ya," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 November 2023.

Komisi I DPR tengah menunggu penugasan dari Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Meutya mengatakan Komisi I DPR sejatinya punya waktu hingga 21 hari ke depan untuk menggelar fit and proper test itu.

Baca juga : 3 Kali Panglima TNI Berseru, Tegaskan Netralitas Prajurit saat Pemilu 2024

"Intinya adalah sebelum 21 November ini sudah harus selesai di DPR, sudah dibawa ke paripurna," ujar Meutya.

Politikus Partai Golkar itu mengaku tak khawatir dengan netralitas Agus. Meskipun Agus pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada 2009-2011. Saat itu, Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo.

"Enggak, kan nanti kan yang milih juga ramai-ramai di DPR semua fraksi. Jadi insyallah tidak ada, tidak ada berpihak mana, berpihak mana. Nanti kan fit and propernya juga dilaksanakan oleh seluruh fraksi. Jadi kekhawatiran itu saya rasa tidak perlu terlalu, kurang lah kurang berlasan," ucap Meutya.

Baca juga : DPR Pastikan Agus Subiyanto Calon Tunggal Panglima TNI Baru

DPR sudah menerima surat presiden (surpres) terkait pengganti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan calon tunggal yakni Agus Subiyanto yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Yudo akan pensiun pada 26 November 2023. Di sisi lain, Agus baru saja dilantik menjadi KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman pada 27 Oktober 2023.

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, MSI, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat