visitaaponce.com

Agus Subiyanto Ungkap Formula Penanganan Konflik di Papua

Agus Subiyanto Ungkap Formula Penanganan Konflik di Papua
Calon Panglima TNI Agus Subianto ungkap cara menyelesaikan konflik Papua(Medcom)

CALON Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membeberkan formula dalam penanganan konflik di Papua. Hal itu disampaikan saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon panglima TNI pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi I DPR.

"Untuk mengatasi konflik vertikal seperti masalah di Papua, pendekatan smart power yang dikombinasikan hard power, soft power," kata Agus di Ruang Rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/11).

Hard power melalui formula penegakan hukum. Soft power dengan mendukung pelaksanaan percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua.

Baca juga: Komisi I DPR Pastikan Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Senin Depan

"Pendekatan soft power tersebut sepatutnya dilakukan bersama-sama, bersinergi antara TNI dengan semua kementerian, lembaga, dan pemangku kepentingan terkait," ucap Agus.

Soft power juga dilakukan melalui diplomasi militer seperti mediasi atau pertukaran personel TNI dengan negara-negara di kawasan. Diplomasi militer, kata dia, dilakukan untuk membangun hubungan interpersonal antarprajurit.

Baca juga: Moeldoko Sebut Tidak Ada Motif Politik pada Pergantian Panglima TNI

"Prajurit harus menciptakan persamaan pandangan tentang pendekatan dalam penyelesaian masalah di Papua," ujar Agus. (Z-10)
 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat