visitaaponce.com

Timses Ganjar-Mahfud Bicara soal Jokowi dan Nepotisme

Timses Ganjar-Mahfud Bicara soal Jokowi dan Nepotisme
Presiden Joko Widodo(Mi)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) secara terang-terangan menyatakan bahwa presiden boleh mendukung salah satu pasangan calon bahkan hingga berkampanye.

Menanggapi itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menilai anggapan masyarakat soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menjalankan nepotisme semakin menguat.

"Tentunya ada semacam etika dan anggapan masyarakat tentang nepotisme dan lain-lain, yang tentunya akan semakin kental apabila presiden mengkampanyekan salah satu paslon (pasangan calon) yang kebetulan di situ ada putra kandungnya," ungkap Chico kepada wartawan, Rabu (24/1). 

Baca juga : Keberpihakan Presiden Jokowi di Pilpres 2024 Runtuhkan Etika Berpolitik

Di sisi lain, Chico menyebut pihaknya tak mempermasalahkan adanya dukungan secara terang-terangan yang dilakukan Jokowi tersebut.

Baca juga : Jokowi Sebut Presiden Boleh Memihak, Anies: Negara Tidak Diatur Pakai Selera

"Terkait pernyataan presiden, mengenai bolehnya seorang presiden berkampanye dan memihak pada salah satu paslon, saya rasa memang secara UU itu diperbolehkan, dan presiden pun memberikan contoh apabila dia seorang inkumben dan juga dia mencalonkan diri kembali, artinya kan dia juga mengkampanyekan dirinya sendiri," paparnya.

Chico mengingatkan agar Jokowi menjalankan batas-batas etika jika ingin memihak salah satu paslon.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa presiden maupun menteri boleh berkampanye dan memihak, tapi tidak boleh menggunakan fasilitas negara. Hal itu disampaikannya dalam acara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, tadi pagi. 

Acara di Halim itu turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Adapun cawapres pendamping Prabowo merupakan putra sulung Jokowi yang saat ini menjabat Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat