visitaaponce.com

Kejagung Didorong Buru Aktor Utama Korupsi Timah

Kejagung Didorong Buru Aktor Utama Korupsi Timah
Penambangan timah ilegal(MI/Rendy Ferdiansyah)

KEJAKSAAN Agung didorong untuk mengungkap tersangka lain dalam kasus dugaan korupsi timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. Diduga, masih ada orang-orang yang jadi penikmat utama dari kasus korupsi yang telah merugikan negara hingga Rp271 triliun.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menduga ada pihak lain atau aktor intelektual dari kasus tersebut. Saat ini, Kejagung sudah menetapkan 16 tersangka dengan dua diantaranya ialah konglomerat Helena Lim dan Harvey Moeis.

"Dalam korupsi timah ini saya meyakini ada pelaku lain yang lebih besar perannya. Ini menjadi tantangan untuk Kejagung mengejar dan menjerat mereka," kata Boyamin saat dihubungi, Minggu (31/3).

Baca juga : Tata Niaga Timah Indonesia Semrawut 

Boyamin bahkan menyebut seseorang berinisial RBS yang disebut sebagai orang yang memerintah Harvey dan Helena untuk memanipulasi uang hasil korupsi dengan modus CSR. Boyamin juga menduga saat ini RBS kabur ke luar negeri.

"Kami serahkan sepenuhnya kepada Penyidik karena kami yakin penyidik telah mengetahui identitas yang bersangkutan," kata dia.

Boyamin juga mendorong agar para tersangka juga bisa dijerat dengan ketentuan tindak pidana pencucian uang (TPPU). “Guna merampas seluruh hartanya guna mengembalikan kerugian negara dengan jumlah fantastis,” kata Boyamin. 

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumadena mengatakan penyidik masih memburu pihak lain yang dianggap terlibat dalam kasus korupsi tersebut. Menurutnya, semua tindak pidana seperti suap, gratifikasi dan orang yang menikmati keuntungan dari kasus timah ini bisa dijerat. 

"Kami masih proses penyidikan. Tunggu saja perkembangannya," kata Ketut saat dihubungi Minggu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat