visitaaponce.com

Diterpa Isu Harun Masiku, Hasto Kristiyanto Pilih Fokus Selesaikan Disertasi Teori Pelembagaan Partai

Diterpa Isu Harun Masiku, Hasto Kristiyanto Pilih Fokus Selesaikan Disertasi Teori Pelembagaan Partai
Sekjen Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Hasto Kristiyanto (tengah)(MI/Susanto)

DI tengah terpaan persoala hukum Harun Masiku, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto pilih fokus menyelesaikan pendidikan doktoral yang sedang ia jalani. Ia mengaku sedang mengerjakan disertasi untuk gelar doktoral keduanya di Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI). 

"Kalau di Universitas Pertahanan, disertasinya tentang teori geopolitik Soekarno, maka di SKSG UI ini fokusnya mengkonstruksikan teori pelembagaan Partai dalam kaitannya dengan kepemimpinan strategis Megawati Soekarnoputri, ideologi dan relevansinya terhadap ketahanan Partai,” ungkap Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Selasa (25/6). 

Hasto memilih untuk tidak terlalu fokus terhadap isu terpaan masalah hukum Harun Masiku. Ia pun tidak menggubris anggapan keterkaitan dirinya terhadap Harun Masiku karena n sikap politik. Hasto mengaku dirinya bakal mengikuti ujian seminar hasil tahap kedua pada pekan depan.

Baca juga :  PDIP Bantah Berhentikan Hasto dari Jabatan Sekjen PDIP

"Saya kebut disertasi di UI. Nanti ada konstruksi teori pelembagaan Partai. Pendekatannya mixed method melalui tahapan kualitatif dengan critical discourse analysis, dan fenomenologi; sedangkan secara kuantitatif juga sudah diselesaikan dengan responden sebanyak 2028 dari seluruh Indonesia baik dari internal maupun eksternal, khususnya dosen politik, ilmu pemerintahan, PPKN, ketahanan nasional dan ilmu pertahanan,” jelasnya.

Hasto juga nampak penuh semangat menjelaskan rancangan disertasinya sementara ini.

"Model yang disusun dengan variabel kepemimpinan strategis, ideologi, pelembagaan partai, dan ketahanan Partai dikaji secara komprehensif dan diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia melalui pelembagaan Partai,” pungkasnya. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat