visitaaponce.com

Putellas Raih Ballon dOr Putri

Putellas Raih Ballon d'Or Putri
Gelandang Barcelona Alexis Putellas saat menerima penghargaan Ballon d'Or(AFP/FRANCK FIFE)

ALEXIS Putellas tumbuh besar bermimpin bermain untuk Barcelona. Kini, setelah mempersembahkan treble gelar Primera Division, Copa de la Reyna, dan Liga Champions untuk El Barca musim lalu, dia diganjar dengan Ballon d'Or, Selasa (30/11) dni hari WIB.

Tim putri Barceona sukses menyapu bersih gelar pada musim lalu dengan pesepak bola putri yang mengenakan nama 'Alexia' di punggungnya menjadi pemimpin.

Penyerang, yang akan berusia 28 tahun pada bulan depan, menghabiskan masa kecilnya kurang dari satu jam perjalanan dari Camp Nou. Dia pertama kali menginjakkan kaki di stadion kandang Barcelona itu dari kediamanya di Mollet de Valles untuk menonton derby Barcelona pada 6 Januari 2000.

Baca juga: Messi Menangkan Ballon d'Or untuk Ketujuh Kalinya

Tepat 21 tahun kemudian, dia menjadi perempuan pertama yang mencetak gol di Camp Nou dalam laga melawan Espanyol. Sejak saat itu namanya tercatat dalam sejarah klub Spanyol itu. Namun, kisahnya telah dimulai lebih lama dari itu.

Putellas pertama kali bermain sepak bola di sekolah, bersama anak laki-laki.

"Ibu saya tampaknya muak melihat saya pulah dengan lebam di kaki sehingga dia mendaftarkan saya ke klub sepak bola agar saya tidak bermain di jam istirahat," kenang Putellas, tahun lalu.

Jadi, dengan restu oangtuanya, dia mendaftar ke Sabadell sebelum dikontrak akademi Barcelona.

"Saat itu, saya mulai serius bermain sepak bola. Namun, kala itu, saya tidak pernah menyangka akan berkarier di sepak bola," ungkapnya.

Setelah satu tahun di akademi Barcelona, dia pindah ke Espanyol dan melakukan debut di tim utama pada 2010 sebelum kalah dari Barcelona di final Copa de la Reina.

Dia kemudian hijrah ke Levante sebelum 'pulang' ke Barcelona pada 2012, dua bulan setelah kematia ayahnya.

Di musim pertamanya bersama Barcelona, Putellas membawa Barcelona meraih gelar ganda, Primera Division dan Copa de la Reina termasuk meraih gelar pemain terbaik di laga final.

Di tahun berikutnya, Putellas dipanggil ke timnas Spanyol, tampil di empat turnamen, dan tampil sebanyak 92 kali.

Musim lalu adalah penampilan terbaik Putellas dengan mengantarkan Barcelona menjadi juara Primera Division, Copa de la Reina, serta Liga Champions. Itu merupakan catatan bersejarah bagi klub putri Spanyol. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat