visitaaponce.com

Prancis Kembali ke Jalur Kemenangan

Prancis Kembali ke Jalur Kemenangan
Kylian Mbappe(FRANCK FIFE / AFP )

Kylian Mbappe berhasil menutup celah kekosongan pemain utama Prancis yang absen dalam kemenangan melawan Austria 2-0 dalam lanjutan UEFA Nations League di Stadio Stade de France, Jumat (23/9) dini hari WIB. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu menjadi bintang kemenangan saat Les Bleus--julukan Prancis--mengalami krisis pemain karena cedera.

Mbappe memecah kebuntuan tuan rumah yang sejak menit awal mendominasi permainan. Pada Menit ke-56 Mbappe mencetak gol melalui tendangannya, memaksimalkan kesalahan bek Austria. Olivier Giroud yang dipanggil kembali ke skuad Prancis menggandakan keunggulan mereka sembilan menit kemudian. Giroud menyundul bola umpan silang Antoine Griezmann untuk mencetak gol internasional ke-49, hanya terpaut dua gol dari rekor pencetak gol terbanyak Prancis, Thierry Henry.

Ini menjadi kemenangan pertama Prancis setelah gagal menang di empat pertandingan sebelumnya. Skuad asuhan Didier Deschamps itu kini menempati peringkat ketiga di klasemen Grup A1 dengan mengoleksi lima poin, tertinggal lima poin dari Kroasia di posisi teratas.

"Kami melakukan apa yang perlu kami lakukan untuk meraih kemenangan, menciptakan banyak peluang dan mengendalikan pertandingan. Ada banyak hal positif yang bisa diambil dari pertandingan ini," kata pelatih Prancis Didier Deschamps.

Badai cedera sejumlah pemain jelang laga sempat membuat Deschamps kehilangan kepercayaan diri. Beberapa pemain utama absen seperti kiper dan kapten Hugo Lloris, d N'Golo Kante, Paul Pogba, serta bomber andalan Les Bleus, Karim Benzema.

Menurut Deschamps, itu merupakan kemenangan penting. Menurutnya, seluruh pemain menjalani kinerjanya dengan baik sehingga banyak peluang tercipta di laga tersebut serta mengendalikan permainan.

Gelandang Prancis Aurlien Tchouameni menambahkan, timnya bertekad menunjukkan wajah yang berbeda di laga tersebut. Seluruh pemain ingin menampilkan karakter permainan sesungguhnya tim Ayam Jantan. Meski kondisi Prancis tidak optimal karena persoalan cedera, Tchouameni menilai ketika di lapangan seluruh pemain harus menunjukkan kemampuan terbaiknya. “Segalanya berjalan sangat baik. Anda bisa melihat pemahaman yang kami miliki,” kata gelandang Real Madrid itu.

Prancis masih perlu memenangkan pertandingan terakhir Grup A1 saat bertandang ke markas Denmark Senin (26/9) dini hari WIB untuk memastikan mereka terhindar dari degradasi ke Liga B. Sementara untuk peluang lolos ke semifinal UEFA Nations League Juni tahun depan sudah di luar jangkauan.

Di laga lainnya, Kroasia memuncaki Grup A1 UEFA Nations League setelah mengalahkan Denmark 2-1. Dua gol kemenangan Kroasia dilesatkan oleh B. Sosa (49) dan L. Majer (79). Sementara gol balasan Denmark dicetak oleh pemain Manchester United, Cristian Eriksen (77).

Kemenangan ini membuat Kroasia kokoh di puncak klasemen Grup A dengan 10 poin dari 5 pertandingan dan berpeluang lolos ke semifinal jika berhasil mengalahkan Austria di laga terakhir. Sementara Denmark membuntuti di posisi kedua dengan selisih satu poin. (AFP/UEFA/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat