visitaaponce.com

Jumlah Suporter yang Hadir di Piala Dunia 2022 Tembus 3,4 Juta

Jumlah Suporter yang Hadir di Piala Dunia 2022 Tembus 3,4 Juta
Pendukung Argentina memadati Stadion Lusail untuk menyaksikan laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis.(AFP/Anne-Christine POUJOULAT)

PIALA Dunia 2022 di Qatar sudah rampung dengan Argentina keluar sebagai kampiun. FIFA mengumumkan turnamen, yang digelar selama 29 hari itu, dihadiri lebih dari 3,4 juta penonton sejak pembukaan hingga partai final dengan rata-rata stadion terisi 96,3%.

Jumlah itu menjadikan Piala Dunia 2022 sebagai salah satu edisi yang paling banyak ditonton.

Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat (AS), sejauh ini, masih menjadi edisi dengan penonton terbanyak yakni 3,5 juta. Edisi Brasil pada 2014 juga memiliki lebih dari 3,4 juta penonton.

Baca juga: Karim Benzema Pensiun Dari Timnas Prancis

Qatar sudah memulai pembersihan pascaturnamen dan mulai membongkar puluhan ribu peralatan di sekitar jalan-jalan kota.

Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut edisi Qatar sebagai Piala Dunia terbaik yang pernah ada. Di laga final ada 88.966 penonton yang memadati Stadion Lusail.

FIFA juga mencatat lebih dari 1 juta pelancong asing datang ke Qatar untuk menonton pertandingan sesuai yang diproyeksikan otoritas Qatar. Pelancong terbanyak dari negara-negara seperti Arab Saudi, India, AS, Inggris, dan Meksiko.

Qatar menghabiskan lebih dari U$200 miliar untuk membangun stadion dan berbagai infrastruktur pendukung.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani menyampaikan negaranya telah memenuhi janji untuk menghadirkan Piala Dunia yang luar biasa.

Sang Emir, yang memberikan jubah tradisional Arab kepada Lionel Messi ketika mengangkat trofi, memberikan penghormatan kepada para finalis dan para suporter yang datang ke Qatar.

"Kami telah memenuhi janji kami untuk menyelenggarakan kejuaraan luar biasa oleh negara-negara Arab, yang memberikan kesempatan bagi masyarakat dunia untuk belajar tentang kekayaan budaya kami dan orisinalitas nilai-nilai kami," katanya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat