visitaaponce.com

Kisah Hidup dan Biodata Neymar yang Pindah ke Klub Arab Saudi Al-Hilal

Kisah Hidup dan Biodata Neymar yang Pindah ke Klub Arab Saudi Al-Hilal
Neymar pindah ke Al-Hilal dengan gaji 100 juta Euro atau Rp1,68 triliun per musim.(AFP)

HARGA transfer fantastis and gaji yang tinggi menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan beberapa klub elit Saudi Pro League terhadap para pemain bintang di kompetisi top Eropa. Terkini, salah satu klub Arab Saudi, Al-Hilal, sedang berusaha menggaet Neymar, 31, dari Paris Saint-Germain (PSG).

Dilansir dari ESPN, Paris Saint-Germain meminta 80 juta Euro sebagai biaya transfer Neymar. Sedangkan Al-Hilal menawarkan kontrak dua tahun kepada pemain 31 tahun itu dengan upah 100 juta Euro atau sekitar Rp1,68 triliun per musim.

Lahir di Brasil, pada 5 Februari 1992, masa lalu Neymar bisa dibilang kurang beruntung karena harus hidup di garis kemiskinan. Bahkan, ia harus berbagi kasur dengan keluarganya, termasuk orang tua dan saudara perempuannya.

Baca juga : Neymar Merapat ke Klub Arab Saudi

Ayah Neymar adalah mantan atlet sepak bola. Ia dan keluarganya tinggal di "lingkungan dengan kualitas sosial rendah" dan putranya, Neymar, besar di "tempat pembuangan sampah".

Tapi setelah Neymar menandatangani kontrak profesional pertama kali, keluarganya langsung pindah dari Praia Grande--salah satu kota di negara bagian Sao Paulo, Brasil.

Baca juga : Suarez Pernah Yakinkan Neymar Pilih Manchester City Dibanding PSG

Sejak berusia 16 tahun, Neymar telah menjadi tulang punggung keluarga. Uang pun mulai mengalir deras dalam beberapa tahun berikutnya karena  penyerang timnas Brasil itu menjadi pemain termahal dunia.
 
Tahun-tahun terbaiknya di lapangan mungkin sudah berlalu. Tapi, Neymar masih bisa mendapatkan kenaikan gaji setelah Al-Hilal mengajukan tawaran besar untuk penyerang Paris Saint-Germain itu.

 

Karier Neymar di sepak bola

Neymar mulai bermain sepak bola pada usia dini. Santos FC menemukannya dan menawarinya kontrak pada 2003. Pada masa lalu, klub ini telah memproduksi pemain internasional Brasil seperti Coutinho, Clodoaldo, Diego , Elano dan Alex.

Neymar juga bergabung dengan orang-orang seperti Pepe, Pelé dan Robinho dalam memulai kariernya di klub Peixe.

Sementara di akademi, Neymar bertemu Paulo Henrique Ganso, yang akhirnya menjadi teman baik dalam proses tersebut.

Pada usia 15, ia melakukan trial ke Spanyol untuk bergabung dengan Real Madrid, pada waktu ketika Real memiliki bintang seperti Ronaldo, Zinedine Zidane dan Robinho.

Neymar membuat debut profesional pada 7 Maret 2009, meskipun baru berumur 17 tahun, dia masuk selama 30 menit terakhir, dalam kemenangan 2-1 melawan Oeste.

Minggu berikutnya ia mencetak gol pertamanya untuk Santos dalam laga melawan Mogi Mirim.

Satu bulan kemudian, pada 11 April, Neymar mencetak gol penentu dalam kemenangan 2-1 melawan Palmeiras di semi-final leg pertama Campeonato Paulista 2009.

Sepanjang musim pertamanya, Neymar mengoleksi 14 gol dalam 48 pertandingan.Pada usia 19 tahun, Neymar memenangkan Pemain terbaik Amerika Selatan 2011, setelah berada di peringkat ketiga pada 2010. Dia masuk nominasi yang sama dan memenangkan lagi pada 2012.

 

Biodata Neymar

Nama lengkap
Neymar da Silva Santos Junior

Lahir
Brasil, 5 Februari 1992

Tinggi badan
175 centimeter

Klub Sepak Bola

2023 Al-Hilal Nomor 10
2017-2023 PSG
2013-2017 Barcelona
2009-2013 Santos

Pada 2011 Neymar menerima nominasi untuk FIFA Ballon d'Or , di mana ia menempati urutan 10, dan FIFA Puskás Award untuk Goal of the Year, yang dimenangkannya.

Dia dikenal karena akselerasinya, keterampilan dribbling, finishing dan kemampuan dengan kedua kaki. Gaya permainannya telah mendapat pujian kritis, oleh penggemar, media dan mantan pemain yang menggambarkan dan membandingkan dengan mantan striker Brasil Pelé, yang telah memanggil Neymar sebagai pemain yang sangat baik. (Medcom.id/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat