visitaaponce.com

Duel Penalti yang Beruntung Membawa Qatar ke Semifinal Piala Asia Melawan Iran

Duel Penalti yang Beruntung Membawa Qatar ke Semifinal Piala Asia Melawan Iran
Meshaal Barsham, pahlawan penalti Qatar, mengakui peran antisipasi dan keberuntungan dalam kemenangan adu penalti melawan Uzbekistan.(AFP)

PAHLAWAN penalti Qatar, Meshaal Barsham, mengakui antisipasi dan keberuntungan saat tuan rumah dan juara bertahan maju ke babak semifinal Piala Asia setelah mengalahkan Uzbekistan lewat adu penalti pada Sabtu.

Kiper Barsham menyelamatkan tiga kali dalam adu penalti, membawa Qatar menang 3-2 setelah pertandingan berakhir 1-1 pada waktu ekstra dalam perempat final.

Pedro Miguel mencetak penalti terakhir, memicu perayaan di depan hampir 60.000 penggemar di Stadion Al-Bayt, utara Doha.

Baca juga : Jepang Tersungkur di Hadapan Iran

Meskipun pemain Qatar merayakan dengan mengangkat Barsham, kiper tersebut mengatakan keberuntungan berpihak padanya.

"Dalam penalti, ada unsur antisipasi dan keberuntungan," katanya. "Untungnya saya beruntung dan menyelamatkan tiga penalti."

Qatar akan menghadapi Iran di babak semifinal setelah Iran mengalahkan Jepang dalam perempat final.

Baca juga : Penalti Alireza Jahanbakhsh Pulangkan Jepang

Qatar juga gagal dua kali dalam adu penalti, dengan Almoez Ali melihat tembakannya diselamatkan dan Almahdi Ali melebar.

Meski demikian, Barsham membuatnya tampak mudah, terutama saat menahan tendangan penalti kelima Uzbekistan dari Jaloliddin Masharipov.

"Sebelumnya, saya pernah bermain melawan dia dengan klub saya, jadi saya mengharapkan dia akan menendang ke tengah," kata Barsham.

Baca juga : Yordania Lolos ke Semifinal Piala Asia karena Gol Bunuh Diri Tajikistan

Qatar telah memenangkan empat pertandingan sebelumnya dalam turnamen ini, tetapi mereka diuji lebih keras oleh Uzbekistan, yang beberapa orang prediksi sebagai kuda hitam.

Qatar membuka skor di paruh pertama melalui gol bunuh diri kiper Utkir Yusupov yang dipaksakan oleh kapten Hassan Al-Haydos.

Uzbekistan menyamakan kedudukan sebelum satu jam bermain melalui gol Odiljon Hamrobekov.

Baca juga : Bintang TImnas Arab Saudi Talal Haji Jadi Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Piala Asia

Pelatih Tintin Marquez mengatakan timnya "belum mencapai apa pun" dan perlu pulih sebelum menghadapi Iran di semifinal.

Uzbekistan berharap mencapai babak semifinal untuk kedua kalinya. Meskipun mereka bangga dengan penampilan tim, pelatih Srecko Katanec mengatakan mereka seharusnya mencetak gol sebelumnya agar tidak harus melalui adu penalti.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan Qatar setelah adu penalti dan mereka bersiap untuk menghadapi Iran dalam pertandingan semifinal yang sangat dinanti-nantikan. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat