visitaaponce.com

Shin Tae-yong dan Garuda Muda Bidik Final Piala Asia U-23

Shin Tae-yong dan Garuda Muda Bidik Final Piala Asia U-23
Pelatih timnas u-23 Indonesia, Shin Tae-yong.(Dok. AFP/Jaafar)

PELATIH Shin Tae-yong membidik timnas U-23 Indonesia bisa lolos ke final di Piala Asia U-23 2024. Indonesia sudah memastikan tiket empat besar usai membekap Korea Selatan (Korsel) melalui adu penalti 11-10 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) WIB.

Shin Tae-yong membuat negara asalnya tersingkir. Ini menjadi laga pertama dia berhadapan dengan negara sendiri.

"Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Shin Tae-yong.

Baca juga : Indonesia Singkirkan Korsel di Perempat Final Piala Asia U-23, Netizen 'Negeri Ginseng' Sebut Shin Tae-yong Pengkhianat

Kemenangan tersebut membuat impian Indonesia untuk tampil di Olimpiade Paris 2024 semakin menyala.

Di Piala Asia U-23 ini, posisi juara, runner-up, dan peringkat tiga otomatis mendapatkan tiket ke Olimpiade. Adapun tim peringkat empat akan melalui laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea.

Sebagai debutan, kemenangan atas Korsel meningkatkan kepercayaan para pemain. Target ke final kini menjadi bidikan.

Baca juga : Shin Tae-yong Senang Kembali Bawa Indonesia Cetak Sejarah

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangi kejuaraan. Jelas, kami (potensial) bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," ujar Shin Tae-yong.

Indonesia bermain 2-2 di waktu normal hingga babak tambahan waktu. Dua gol Merah Putih diciptakan Rafael Struick sedangkan Korsel mendapat gol berkat gol bunuh diri Komang Teguh dan gol Jeong Sang-bin.

Kiper Ernando Ari sepanjang laga tampil apik melakukan sejumlah penyelamatan penting. Pada adu penalti kiper Persebaya Surabaya itu menepis dua eksekusi dari Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee.

Baca juga : Shin Tae-yong Kecam Kinerja Wasit di Piala Asia U-23 Antara Qatar dan Indonesia

Pemain Indonesia hanya Arkhan Fikri yang gagal mencetak gol pada tos-tosan yang berakhir dengan skor 11-10 itu.

Indonesia menanti calon lawan yakni Uzbekistan melawan Arab Saudi yang baru akan memainkan perempat final Jumat (26/4) malam.

Sementara itu, tuan rumah Qatar tumbang 2-4 di perempat final kalah melawan Jepang. Tim Samurai Biru menunggu lawan di semifinal antara Irak atau Vietnam.

(Z-9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat