visitaaponce.com

Mundur Dari Dortmund, Edin Terzic Era Baru Harus Dimulai

Mundur Dari Dortmund, Edin Terzic: Era Baru Harus Dimulai
Pelatih Borussia Dortmund Edin Terzic.(AFP)

PELATIH Borussia Dortmund Edin Terzic memutuskan mundur dari kursi pelatih Die Borussen. Sang pelatih mundur kurang dari dua minggu setelah mereka kalah dari Real Madrid di final Liga Champions.

Terzic meminta pimpinan klub mengadakan pertemuan setelah kekalahan final Liga Champions Dortmund di Wembley untuk meminta pengunduran diri. Dortmund pun menerima permintaan Terzic.

“Setelah pertandingan di Wembley, saya meminta pertemuan dengan tim manajemen senior klub, karena setelah sembilan tahun di BVB termasuk enam tahun sebagai staf kepelatihan dan dua setengah tahun sebagai pelatih kepala, saya merasa era baru klub harus dimulai dengan pelatih baru di pinggir lapangan," kata Terzic dalam keterangan resmi klub dilansir BBC.

Baca juga : Dortmund Yakin Bisa Menangi Final Liga Champions

“Semua orang yang dekat dengan saya tahu bahwa ini adalah keputusan yang sangat sulit untuk saya ambil selama beberapa minggu terakhir, namun setelah diskusi intensif, perasaan fundamental saya tidak berubah," imbuhnya.

Menurut laporan media-media Jerman, mantan pemain Dortmund yang juga asisten pelatih saat ini Nuri Sahin akan mengambil alih menjelang musim mendatang.

Sahin yang didatangkan sebagai salah satu dari dua asisten Terzic pada Januari lalu sebelumnya menangani klub Antalyaspor di Turki. Sahin yang berusia 35 tahun memenangi satu gelar Bundesliga dan satu Piala Jerman di Dortmund. Dia juga pernah bermain untuk Real Madrid dan Liverpool.

Baca juga : Dortmund Umumkan Berpisah dengan Pelatih Edin Terzic

Keluarnya Terzic merupakan kejutan karena ia diperkirakan akan kembali memimpin klub tahun depan setelah mencapai final Liga Champions.

Terzic memulai karir kepelatihannya di akademi Dortmund antara 2010 dan 2013 sebelum menjadi asisten Slaven Bilic di klub Turki Besiktas. Dia mengikuti Bilic ke klub Liga Inggris West Ham pada 2015 tetapi pergi setelah pemecatan prlatih Kroasia itu pada November 2017.

Terzic kemudian bergabung kembali dengan Dortmund sebagai asisten Lucien Favre pada berikutnya. Menyusul pemecatan Favre pada Desember 2020, Terzic ditunjuk sebagai pelatih sementara hingga akhir musim itu dan memimpin klub meraih kesuksesan di final Piala Jerman dengan kemenangan atas RB Leipzig.

Dia kemudian menjabat sebagai direktur teknis klub sebelum menjadi pelatih kepala mereka pada 2022.

Pencapaian Terzic di Bundesliga sejauh ini membawa Dortmund menjadi runnerup musim 2022/2023. Adapun musim 2023/2024 Dortmind finis di peringkat kelima. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat