visitaaponce.com

Waspada Pencurian Data Pribadi di Media Sosial

Waspada Pencurian Data Pribadi di Media Sosial
Ilustrasi(Unsplash.com)

Era transformasi juga dipercepat dengan keadaan Covid-19, di mana segala sesuatunya beralih ke online mulai dari bekerja, sekolah, hingga aktivitas keuangan.

Di sisi lain masyarakat yang makin nyaman dengan segala sesuatunya serba digital, ada oknum-oknum yang memanfaatkan digital untuk penipuan hingga pencurian akun. Sehingga masyarakat harus melindungi dirinya dengan memahami keamanan digital.

"Kita harus merasa aman dulu di dunia digital baru bisa memanfaatkan fungsi ekonomi, hiburan, sosial dan lainnya" kata Head of Creative Visual Brand Hello Monday Morning, Andry Hamida di Madiun, Jawa Timur, Jumat (8/7).

Di antaranya ada kompetensi dasar terkait keamanan digital seperti mengetahui dan memahami mengenai keamanan hardware dan software. Mengamankan identitas digital, mewaspadai penipuan digital, rekam jejak digital hingga keamanan digital anak, sebab mereka pun memiliki hak-hak digital.

Mengamankan perangkat digital misalnya berupa password, sebaiknya rutin untuk diganti. Kemudian mengamankan identitas digital berupa tanggal lahir, nama lengkap yang sebaiknya orang lain tidak ketahui melalui media sosial kita. Waspadai penipuan digital dengan lebih teliti saat berbelanja online dan memilih marketplace terpercaya, serta memahami keamanan digital anak dengan tidak menyebarkan informasi pribadi anak.

"Penipu mendapatkan data diri Anda sedikit demi sedikit menjadi sebuah kesatuan utuh yang dapat digunakan untuk menipu, mencuri, atau dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya," kata Andry lagi.

Misalnya sekarang mendapatkan nama lengkap, besok bisa mendapatkan tanggal lahirnya. Biasanya pencurian data juga mendapatkannya secara tidak langsung di media sosial dan secara langsung dengan penyamaran. Sebabnya pengguna media sosial harus hati-hati dalam menggunggah terkait informasi pribadi dirinya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat