visitaaponce.com

DomainFest .id Jadi Momentum Tingkatkan Literasi Digital

DomainFest .id Jadi Momentum Tingkatkan Literasi Digital
Ketua Pandi John Sihar Simanjuntak di acara pembukaan DomainFest .id di Tangerang, Banten, Jumat (1/9).(MI/BUDI ERNANTO)

PENGELOLA Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) membuka DomainFest.id di The Breeze BSD, Tangerang, Banten, pada Jumat (1/9). Acara tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (2/9).

Ketua Pandi John Sihar Simanjuntak mengatakan DomainFest .id menjadi ajang untuk pihaknya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat soal doamin, hosting, dan cloud serta yang berhubungan dengan domain Indonesia.

"DomainFest .id sifatnya festival karena kami ingin berinteraksi langsung dengan masyarakat. Selama ini kan hanya bersentuhan secara online, misal lewat web atau media sosial," kata John.

“DomainFest .id yang akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun ini merupakan bentuk komitmen Pandi dalam memajukan industri domain, cloud dan hosting di Indonesia. Hal ini sesuai dengan salah satu misi Pandi yaitu berperan aktif dalam pengembangan, riset dan inovasi teknologi yang terkait dengan Internet," sambung dia.

Baca juga: Penguatan Literasi Digital Jadi Kunci UMKM Naik Kelas

John juga menjelaskan bahwa DomainFest .id diisi oleh berbagai pameran dari registrar maupun penyedia jasa internet serta berbagai talkshow dan workshop yang memuat insight terkini seputar dunia domain, cloud maupun hosting.

"Puncak acara dari DomainFest .id ini adalah pencanangan domain .id sebagai identitas digital dan internet Indonesia serta relaunching s.id sebagai microsite dan link shortener asli karya anak bangsa yang akan diresmikan secara langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada saat pembukaan,” jelas John.

Diharapkan seluruh kalangan masyarakat dapat terlibat dan mendapatkan insight baru tentang apa itu website, domain, cloud dan hosting serta mampu memberikan masukan untuk pengembangan infrastruktur internet ke depannya seperti penerapan blockchain, artificial intelligence (AI) dan lain-lain,” terang John.

Baca juga: Pemerintah Kaji Kebutuhan Pengaturan Kecerdasan Buatan

John juga menjelaskan bahwa dengan adanya DomainFest .id, diharapkan juga mampu berdampak pada pertumbuhan domain .id sebagai identitas digital dan Iinternet Indonesia. “Per 31 Juli 2023, jumlah Domain .id secara umum mencapai 769.965. Kami targetkan bisa mencapai 1 juta pada akhir tahun ini," kata John. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat