visitaaponce.com

Terjebak Hujan Petir Saat Traveling Lakukan ini Untuk Hindari Tersambar

Terjebak Hujan Petir Saat Traveling? Lakukan ini Untuk Hindari Tersambar
Berlindung di bawah pohon tinggi justru dapat meningkatkan risiko anda tersambar petir.(Unsplash/ Leon Contreras)

TRAVELING saat cuaca cerah memang paling ideail. Namun karena berbagai hal, ada kalanya traveling tetap harus dilakukan di saat cuaca kurang bersahabat seperti sekarang ini.

 

Jika aktivitas anda banyak berada di luar ruangan, salah satu bahaya yang harus diwaspadai adalah sambaran petir. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat, mengingatkan setidaknya dua langkah penting untuk menghindari sambaran petir saat anda terjebak di luar ruangan.

 

Pertama, CDC mengingatkan agar jangan justru berlindung di bawah pohon yang tertinggi di area itu. Hindari pula berlindung di bawah pohon jika di area tersebut hanya ada satu pohon itu. Sebab pohon, layaknya benda tinggi lainnya, memiliki risiko besar disambar petir.

 

Jika anda berada di lapangan atau area terbuka dan tidak terdapat tempat berlindung, sementara kilat sedang menyambar, maka berjongkoklah seperti bola dengan kepala ditekuk dan tangan menutupi telinga. Setelahnya, segeralah berlari, menjauhi area terbuka itu.

 

Kedua, jika anda berada dalam rombongan, jangan terus bergerombol saat terjadi badai petir.  Hal ini untuk mengurangi jumlah cedera jika petir menyambar.

 

CDC juga mengingatkan untuk tetap berhati-hati meski anda berada di dalam ruangan. Tak hanya menghindari kontak dengan air saat terjadi badai petir, Anda juga sebaiknya jangan menggunakan apapun yang terhubung dengan perangkat beraliran listrik, seperti komputer, laptop, mesin cuci, oven listrik, kompor listrik, dan lainnya.

 

Petir dapat merambat melalui sistem kelistrikan, sistem penerimaan radio dan televisi, serta kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton. Jauhi juga jendela dan pintu rumah saat badai petir terjadi. Selain itu, jangan berbaring di lantai beton atau bersandar pada dinding beton saat terjadi badai petir. Petir dapat merambat melalui kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat