visitaaponce.com

Ingin Solo Traveling yang Aman dan Nyaman Ini Kiatnya

Ingin Solo Traveling yang Aman dan Nyaman? Ini Kiatnya
Ilustrasi solo traveling(medcom.id/freepik)

SOLO traveling atau bertamasya sendiri bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan untuk menghilangkan penat di tengah hiruk pikuk aktivitas sehari-hari. Jangan takut, justru ada banyak keuntungan dari melakukan solo traveling seperti kamu bisa lebih leluasa melakukan hal yang ingin dilakukan misalnya tujuan tempat wisata tak perlu persetujuan orang lain, asyik bukan?.

Nah, bagi kamu yang tertarik melakukan solo traveling, berikut beberapa kiat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar bertamasya tetap aman dan menyenangkan.

1. Lakukan Riset Destinasi yang Dituju

Sebelum memulai perjalanan, Travelers wajib melakukan riset tentang destinasi yang akan dituju. Kamu perlu memperhatikan dan mempelajari beberapa hal seperti budaya, tradisi dan adat istiadat setempat.

Penting juga untuk mengetahui cuaca, mata uang (untuk wisata luar negeri), transportasi dan kegiatan masyarakat lainnya. Informasi ini akan membantu kamu agar lebih siap dan nyaman saat berwisata.

2. Bawa Perlengkapan dan Pakaian yang Tepat

Pastikan kamu membawa perlengkapan dan pakaian sesuai tempat tujuan. Kamu harus bisa menyesuaikan pakaian yang pas dengan cuaca di tujuan wisatamu agar nyaman saat berlibur.

Kamu juga bisa membawa perlengkapan tambahan seperti peta hingga kompas. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan kebersihan yang cukup.

3. Berkomunikasi dengan Orang Terdekat

Hal penting lain yang perlu dilakukan sebelum bertamasya sendiri adalah beritahu kepada keluarga atau teman terdekat mengenai rencana perjalanan yang bakal dilakukan.

Bila perlu, kamu memberikan itinerary termasuk nomor telepon dari hotel atau akomodasi tempat kamu menginap. Disarankan untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga sepanjang solo traveling, jangan sampai putus kontak.

4. Kenali Batasan Diri Sendiri

Melakukan solo traveling memang menyenangkan, tapi tidak mudah loh. Pastikan kamu mengetahui kemampuan fisik dan batasan pada diri sendiri, jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan yang berlebihan.

Dianjurkan pula untuk selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh selama melakukan perjalanan agar tetap bugar dan prima.

5. Tetaplah Waspada

Keamanan adalah prioritas utama dalam solo traveling. Kamu harus selalu berhati-hati dengan barang-barang berharga yang dibawa seperti paspor, uang dan perangkat elektronik.

Selalu waspada dengan lingkungan sekitar ketika melakukan solo traveling. Disarankan menghindari tempat-tempat berisiko tinggi, terutama pada malam hari.(instagram Kemenparekraf/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat