visitaaponce.com

Sisi Lain Thailand di Santhai

Sisi Lain Thailand di Santhai
MI/BARY FATAHILAH(MI/BARY FATAHILAH)

BICARA hidangan Thailand pastinya Anda sudah akrab dengan pad thai maupun tom yum. Namun di restoran di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, ini, Anda akan menemukan makanan asal ‘Negeri Gajah Putih’ yang jarang ditemukan di tempat lain.

Di Santhai, tidak hanya makanannya yang berbeda, tetapi juga nuansa yang disajikan berbeda. Saat Media Indonesia berkunjung, tidak ada nuansa Thailand yang ditonjolkan. Kesan tropical paradise justru lebih kental terasa dengan ornamen-ornamen khas tropis yang menenangkan, Anda akan langsung merasa berada di ruang yang berbeda saat memasuki restoran tersebut.

“Jadi, restoran ini konsepnya santai, maksudnya orang sudah capek kerja, kena macet, dan ketika masuk ke restoran ini orang bisa rileks,” jelas Marketing Communication Santhai, Valentine Chandra, di Jakarta, akhir November.

Semua hidangannya spesial diolah langsung chef yang didatangkan dari Thailand. Sebagai pembuka, Anda bisa mencoba volcano fish skin yang terbuat dari kulit ikan patin yang digoreng hingga garing. Kulit ikan itu lalu disiram saus thai chili dan ditaburi abon ayam.

Kerenyahan kulit ikan berpadu saus dengan tingkat kepedasan yang pas dan sedikit manis. Ditambah cita rasa khas abon yang manis gurih semakin memperkaya rasa dan tentunya memancing nafsu makan Anda.

Utama

Ada banyak pilihan hidangan utama. Salah satu yang patut dicoba ialah oxtail tom yum. Jika tom yum yang selama ini kita ketahui terbuat dari aneka seafood, kali ini Santhai menyajikannya dengan buntut sapi.

Perpaduan daging buntut sapi yang lembut berpadu dengan kuah tom yum yang asam menyegarkan, sungguh sebuah paduan yang cerdas dan lain dari biasanya. Menariknya, Santhai meracik kuahnya dengan susu. Jadi, terasa creamy, gurih, dan tidak terlalu asam, sangat pas dinikmati dengan seporsi nasi hangat.

Bagi Anda penggemar bebek, Santhai menyajikan tropical duck. Makanan ini berupa daging bebek panggang yang disajikan dengan saus tropical, ditaburi bawang putih goreng, dan daun basil.

“Tropical duck ini yang membuat resepnya konon adalah chef kerajaan. Ini rasanya creamy dan gurih. Pilihan dagingnya ada ayam, bebek, ataupun beef,” imbuh Valentine.

Saat dicoba, daging bebeknya lembut dengan kulit yang crispy. Saus tropical-nya terbilang unik karena terbuat dari santan yang dicampur minyak ikan dan saus-saus lainnya sehingga menjadi creamy dan gurih. Sausnya berpadu pas dengan daging bebek tersebut.

Selanjutnya ada bangkok beef, daging sapi yang dimasak menggunakan mentega dan lada hitam. Tekstur dagingnya lembut serta diberi saus rahasia, kacang tanah sangrai, dan daun basil yang digoreng. Rasanya tidak terlalu pedas, creamy, dan cenderung manis sehingga cocok pula disajikan untuk anak-anak.

Pencinta seafood, Anda wajib mencoba legend curry calamari. Makanan ini sangat terkenal di Bangkok. Berbahan dasar calamari (cumi goreng tepung) yang dipadukan dengan saus kari. “Karinya ini berbeda dengan biasanya karena diberi kuning telur dan chilli oil,” jelas Valentine.

Tekstur calamari-nya masih tergolong empuk, artinya teknik memasaknya benar dengan waktu memasak yang pas. Bumbu karinya amat creamy dan gurih karena diberi kuning telur, rasa karinya menjadi tidak terlalu kuat.

“Terus yang membuat rasa makanan kita berbeda dengan yang lain juga adalah air yang digunakan untuk memasak. Kita menggunakan sup kaldu dengan racikan resep khas Thailand yang telah diwariskan turun-temurun,” ungkapnya.

Minuman

Puas menikmati beragam makanan yang kaya rasa tersebut, Anda bisa mencoba beberapa minuman andalan Santhai yang dapat menetralisasi semua rasa.

Pertama, ada durian coconut, daging durian Bangkok yang di-blend dengan coconut milk dan susu. Jadi, rasanya gurih, manis, dengan aroma dan rasa durian yang khas, cocok bagi Anda para durian lovers. Tidak hanya itu, ada horlick frappe, yaitu sejenis minuman yang terbuat dari gandum yang di-blend dengan es dan susu. Rasanya manis dan creamy.

Bagi penggemar cokelat, Anda bisa memesan dark chocolate frappe yang merupakan dark chocolate yang di-blend kemudian diberi taburan remahan cokelat dan cokelat cair. Rasa minuman ini pas, maksudnya cokelatnya sudah tidak terlalu pahit dan tidak terlalu manis.

“Selain itu, kalau untuk dessert, kami punya milk puding caramel kakigori yang sangat terkenal di Bangkok,” imbuh Valentine.

Milk puding caramel kakigori ialah puding susu yang diberi es serut, lalu diberi susu, krim susu, saus karamel, serta taburan kacang almond. Rasanya tidak terlalu manis dan creamy, ditambah tekstur puding yang sangat lembut. Cocok sekali untuk menjadi penutup setelah menikmati banyak makanan tadi. Bagaimana, tertarik mencicipi hidangan khas Thailand yang berbeda? (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Msyaifullah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat