visitaaponce.com

5 Cara yang Membuat Rumah Lebih Higienis

5 Cara yang Membuat Rumah Lebih Higienis
(THINKSTOCK)

Rumah yang bersih tentunya menyehatkan dan menyenangkan untuk ditinggali. Kebersihan rumah tentunya bergantung pada kebiasaan sang pemiliknya. Selain dibersihkan secara berkala, ada hal-hal sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan untuk senantiasa membuat rumah Anda tetap sehat. Apa saja itu? Simak tip-tip berikut yang Media Indonesia kutip dari The Guardian Senin (18/3).

1. Ventilasi Udara yang Baik
Penggunaan produk-produk pembersih, aroma masakan, dan bahan bangunan rumah yang ditinggali ternyata berkontribusi akan polusi di dalam rumah. British Lung Foundation (BLF) merekomendasikan menggunakan produk pembersih yang bebas pewangi dan disarankan menggunakan produk berbentuk padat atau cair dari pada produk semprotan.
Selain pemilihan produk, untuk menjaga sirkulasi udara tetap baik. Maka buka jendela atau ventilasi udara lainnya pada saat memasak. Tidak hanya itu BLF juga menyarankan agar menutup jendela, jika kualitas udara di lingkungan  terindikasi mengandung polutan tingkat tinggi.

2. Mengurangi Penggunaan Plastik
Bahan kimia sintetis Bisphenol A (BPA) banyak ditemukan pada produk-produk plastik dan dapat dicerna atau diserap melalui kontak kulit. Hal tersebut berpotensi mengganggu sistem endokrin. Tamara Galloway, profesor bidang ekotoksikologi dari Universitas Exeter, Inggris menjelaskan 95% orang dewasa diperkirakan memiliki jejak BPA dalam tubuh mereka melalui paparan yang terus menerus terjadi.
Guna meminimalisir, Tamara menyarankan untuk menghindari makanan yang diproses dan dikemas dalam plastik untuk membantu membatasi paparan. Tidak hanya itu, dirinya pun menyarankan jika memang harus menggunakan wadah plastik, pastikan plastik yang digunakan berlabel bebas BPA.

3. Membuat Produk Pembersih Sendiri
Madeleine Somerville, penulis Hidup Ramah Lingkungan, Sederhana, dan Bebas Stres, mengatakan sabun, soda kue, dan cuka adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat semprotan pembersih Anda sendiri. Dia merekomendasikan mengisi botol semprot dengan air panas, menyisakan beberapa inci di bagian atas, sebelum menambahkan seperempat cangkir cuka , 2 sdm cairan pencuci ramah lingkungan, dan opsional 1 sdm boraks.

Baca juga :Sstt... Ini Ritual Marie Kondo di Rumah

4. Mengurangi Debu dan Menghilangkan Kelembaban
Sebuah studi di Amerika Serikat 2016 mengidentifikasi 45 bahan kimia beracun terkandung dalam debu yang ada di ruangan. Langkah-langkah sederhana mengurangi masuknya zat-zat tersebut ke dalam tubuh yaitu mencuci tangan. Selain itu rutin membersihkan rumah terutama bagian tangga dengan kain basah dan filter udara partikulat efisiensi tinggi (Hepa). Langkah membersihkan itu dilakukan karena lembab dan jamur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan kemungkinan masalah pernapasan.

5. Memilih Cat Ramah Lingkungan
Mengecat ulang rumah Anda juga hal yang perlu dipertimbangkan untuk meminimalisir polusi udara di rumah. Bukan sembarang cat yang digunakan, harus berlabel ramah lingkungan. Cat ini mengandung kadar senyawa organik volatil (VOC) yang tidak semuanya ramah lingkungan. Jadi perlu untuk memilih cat yang bijak dan ramah lingkungan. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat