visitaaponce.com

Ini Cara Ampuh Membasmi Jamur di Rumah

Ini Cara Ampuh Membasmi Jamur di Rumah
Lama-kelamaan jamur di dinding akan menjadi berwarna kecoklatan.(Adam Niescioruk/ Unsplash)

MUSIM penghujan akan membuat udara menjadi lebih lembab. Rumah yang memang tidak memiliki bukaan cukup banyak, biasanya akan menjadi semakin lembab. Hal tersebut bisa memicu pertumbuhan jamur, baik di dinding maupun perabot. 

Selain untuk estetika, pembersihan jamur memang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan penghuni rumah. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi jamur, seperti dikutip dari roohome.com.

1. Pemutih Klorin
Pemutih rumah tangga biasa atau natrium hipoklorit biasanya menghilangkan perubahan warna noda yang disebabkan oleh jamur dan menghancurkan pertumbuhannya. Pemutih perlu diencerkan sebelum Anda dapat menggunakannya agar aman.

2. Cuka Putih Suling 
Cuka bersifat asam dan dapat memecah struktur inti jamur dan membunuhnya. Anda mungkin harus menggosok dengan bantuan deterjen atau pembersih untuk menghilangkannya.

3. Boraks dan Soda Kue
Soda kue atau natrium bikarbonat dan Boraks memiliki tingkat pH yang menghambat kelangsungan hidup dan pertumbuhan spora jamur. Kedua produk ini umum di rumah dan relatif murah. Anda dapat mencampurnya dengan air karena tidak beracun dan dapat mengatasi jamur di kamar mandi atau dinding ruangan-ruangan lainnya. Boraks yang dikombinasikan dengan soda kue sangat baik untuk menghilangkan noda, tetapi mungkin tidak lebih efektif daripada larutan yang lebih kuat.

Sedangkan untuk jamur yang berada di kain, letakkan kain di bawah sinar matahari dan sikat permukaannya sebanyak mungkin. Ini akan mencegah jamur menyebar di dalam rumah Anda. Cuci pakaian dengan pengaturan air terpanas dan tambahkan disinfektan. Jika ada noda yang tersisa, buat larutan yang terbuat dari pemutih oksigen. Biarkan kain terendam di dalamnya setidaknya selama sembilan jam.

Sementara itu, untuk mesin cuci, Anda dapat membersihkan mesin cuci dengan menjalankan mode pembersihan dengan air panas dan dengan menambahkan pemutih klorin. Pastikan tidak ada pakaian saat Anda melakukan ini untuk pembersihan yang lebih efisien. Periksa sudut dan celah mesin cuci, termasuk bukaan depan untuk memastikan tidak ada jamur di dalamnya. Ini akan membuat pakaian Anda menjadi lebih segar dan bersih. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat