visitaaponce.com

Kick Andy kembali Merayakan para Pahlawan Sunyi

Kick Andy kembali Merayakan para Pahlawan Sunyi
(MI/SUMARYANTO BRONTO)

MERAYAKAN ulang tahun ke-17, Kick Andy kembali memberikan penghargaan kepada para pejuang kehidupan yang berkarya dalam sunyi melalui Kick Andy Heroes 2023. Setelah tahap seleksi dan verifikasi, didapatkan 20 nominasi.

Dewan juri yang terdiri dari Pendiri Rumah Perubahan sekaligus Guru Besar Universitas Indonesia Rhenald Kasali, salah satu pendiri sekaligus CEO Kitabisa.com Alfatih Timur, dan aktris sekaligus penyanyi Indonesia yang aktif berkegiatan sosial, Cinta Laura Kiehl, kemudian memilih lima orang sebagai Kick Andy Heroes 2023, satu anak muda penerima Young Hero, dan satu penyandang disabilitas penerima penghargaan Special Hero 2023.

Pengumuman ketujuh sosok itu dapat disaksikan dalam tayangan acara malam penganugerahan Kick Andy Heroes 2023, malam ini pukul 19.05 WIB di Metro TV. Tidak hanya itu, Kick Andy juga memberikan penghargaan penabur harapan kepada 10 orang yang telah memberikan perubahan nyata bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Mereka melakukan aksi social baik di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Tayangan malam ini juga dimeriahkan oleh penampilan penyanyi ternama Indonesia seperti Ruth Sahanaya, Titi DJ, Rimar, dan Cakra Khan. Titi DJ membuka acara dengan membawakan lagu hit yang diciptakan musikus Ahmad Dhani.

Penampilan yang tak kalah memukau ditampilkan oleh Ruth Sahanaya yang membawakan lagu ciptaannya sendiri. Tidak hanya para artis, acara yang dipandu Chika Jessica dan Rizky Kinos ini turut dihadiri para menteri yang ambil bagian sebagai pemberi penghargaan kepada para pejuang terpilih.

Sederet menteri yang hadir ialah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Arief Prasetyo Adi, hingga Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

"Sudah enggak terbayang dan enggak terhitung berapa tamu inspiratif yang hadir ngobrol bareng dengan bang Andy di Kick Andy dari usia 1 tahun sampai 17 tahun. Melalui sosok-sosok hebat yang bergerak dengan penuh dengan amanat seperti tema Kick Andy Heroes 2023 kali ini untuk Tidak berhenti menebarkan kebaikan alias never stop doing good," ungkap Rizky Kinos, saat membuka acara.

Tak berlama-lama, Jessica dan Rizky pun mempersilakan pembaca nominasi terpilih pertama, yaitu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Presenter Metro TV Zackia Arfan. Nominasi yang terpilih menjadi Kick Andy Heroes 2023 lainnya dibacakan Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Presenter Metro TV Eva Wondo. "Mewujudkan rumah singgah adalah kenangan bagi seorang ibu yang luar biasa ini," ungkap Budi.

"Saya merasa tersanjung bisa berada di sini untuk menerima penghargaan ini. Terima kasih banyak," ungkap salah seorang pemenang Kick Andy Heroes 2023 dengan menahan haru saat memberikan pidato kemenangannya di atas panggung. Di sela penyebutan para pemenang, penyanyi Rimar mempersembahkan lagu ciptaan Maria Carey dengan suara luar biasanya.

Setelahnya, Menhub Budi Karya membacakan pemenang berikutnya yang berasal dari keluarga nelayan. “Dia besar dengan disiplin yang tinggi," puji Budi yang mengumumkan bersama presenter Aviani Malik.

"Perempuan satu ini telah merawat ratusan jiwa yang terabaikan," ungkap Menkop dan UKM Teten Masduki, saat mengumumkan pemenang lainnya. Marializia yang mendampingi Teten untuk membacakan nominasi pemenang, menambahkan, sosok tersebut dengan sabar memberikan keterampilan memasak dan membuat kerajinan tangan untuk orang-orang terabaikan tersebut. "Ia percaya kelak mereka mampu hidup mandiri dan kembali bermasyarakat tanpa stigma," kata Maria.

Pembacaan pemenang lainnya oleh Menpan-Rebiro Abdullah Azwar Anas dan Cinta Laura Kiehl. Mereka memuji pemenang Kick Andy Young Hero 2023 sebagai sosok yang memiliki kepedulian tinggi tentang keanekaragaman hayati.

"Never stop doing good, ayo bersama kita bangun mata rantai kepedulian, kita bersama memelihara adab dan mencintai kehidupan dengan memuliakan alam," ungkap pemenang Kick Andy Young Hero 2023 itu saat memberikan pidato kemenangannya.

Host Kick Andy, Andy F Noya selanjutnya menjelaskan penghargaan Penabur Harapan. "Pada tahun ini Kick Andy memberikan satu penghargaan lagi yang spesial bagi sosok-sosok yang kami anggap memberikan kontribusi yang luar biasa bagi masyarakat di sekitarnya. Mereka juga ialah pahlawan yang kami namakan Penabur Harapan," tutur Andy F Noya.

Penasaran siapa sosok-sosok nominasi yang terpilih menjadi Kick Andy Heroes 2023 dan sosok-sosok Penabur Harapan? Tonton tayangan selengkapnya malam ini. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Triwinarno

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat