visitaaponce.com

Empat Makanan Rekomendasi Saat Anda ke Hong Kong

Empat Makanan Rekomendasi Saat Anda ke Hong Kong
Roti Nanas dari Kam Wah Cafe & Bakery.(Dok. Hong Kong Tourism Board/www.discoverhongkong.com)

BUKAN hanya menjadi salah satu pusat bisnis Asia dan surga belanja, Hong Kong menawarkan banyak tempat wisata kuliner (wiskul). Budaya kuliner Hong Kong begitu semarak karena bukan saja percampuran kuliner Kanton dan Inggris, melainkan juga hadirnya kuliner Jepang, Korea, hingga negara-negara Asia Tenggara.

 

Dikutip dari BBC yang dirilis beberapa waktu lalu, tidak sedikit pula restoran di Hong Kong yang meraih 'Michelin Star'. Rating kuliner paling bergengsi di dunia ini dikeluarkan oleh Michelin Giudes, buku referensi kuliner asal Prancis yang sudah terbit sejak 1900. Meski begitu, dengan banyaknya sajian nonhalal, para pelancong muslim perlu berhati-hati memilih resto

 

Adapun berikut empat makanan yang patut anda coba saat berkunjung ke Hong Kong:

 

1. Roti nanas - Kam Wah Cafe & Bakery

Roti nanas adalah camilan yang populer di Hong Kong dan hanya sedikit tempat yang bisa menandingi kelezatan roti nanas milik Kam Wah Cafe & Bakery, terutama jika menyangkut sejarah kafe yang telah berusia setengah abad itu.

 

Terletak di distrik Mong Kok, kelezatan dari roti nanas Kam Wah Cafe & Bakery terlihat jelas dari pengunjung yang tidak pernah sepi. Namun, jangan mengira roti kesohor ini berisi olahan buah nanas. Kata nanas hanya disematkan untuk menggambarkan penampakannya yang berbentuk kubah dan berkerak yang menyerupai kulit nanas.

 

Kerak manis yang renyah di atas roti yang lembut dan empuk itu dikatakan paling enak dinikmati saat masih panas, lengkap dengan sedikit mentega meleleh. Sebagai pelengkap, secangkir teh susu khas Hong Kong yang kental menjadi teman pas untuk menyantap hidangan tersebut.

 

2. Dim sum - Dim Dim Sum

Salah satu hidangan dim sum yang perlu dicoba yakni milik restoran Dim Dim Sum yang telah buka sejak 2010. Ada banyak pilihan yang disajikan oleh Dim Dim Sum, seperti pangsit udang (hakau) yang lembut, Ceker ayam dengan saus andalan mereka, lo mai gai atau kukusan nasi ketan dan ayam yang dibungkus daun teratai, hingga char siu bao atau roti kukus empuk berisikan daging babi panggang.

 

Kelezatan cita rasa hidangan dim sum milik  Dim Dim Sum tercermin jelas dari sejumlah penghargaan yang mereka raih sejak berdiri pada 2010 selain itu antrian panjang para pengunjung juga semakin memperjelas bahwa hidangan mereka patut dicoba.

 

 

3. Mie pangsit udang - Tsim Chai Kee

Penghargaan dari Michelin Stars terpampang jelas di dinding Tsim Chai Kee, menjadi petanda bahwa cita rasa makanan di restoran tersebut tidak kaleng-kaleng.  Hanya dengan HK$38 atau sekitat Rp76 ribu anda bisa membeli semangkuk besar mie pangsit udang andalan mereka.

 

Dalam satu porsi mie pangsit udang, anda sudah mendapatkan tiga pangsit berukuran sebesar bola golf, yang berisi cincangan udang yang dicampur dengan cincangan daging babi berlemak.  Sementara, untuk mie-nya, Tsim Chai Kee menyajikan mie telur yang bertekstur kenyal yang diguyur dengan kuah andalan mereka berasal dari rebusan tulang babi bercampur dengan udang.

 

4. Puding tahu manis: Kung Wo Dou Bun Chong

Kung Wo Dou Bun Chong dapat dibilang sebagai salah satu resto yang patut dikunjungi di Hong Kong. Berdiri sejak 1898, resto ini terkenal dengan puding tahu manisnya.

 

Melihat proses pembuatannya, rasanya tidak heran bila puding tahu manis mereka menjadi yang terbaik di Hong Kong. Pertama, biji kedelai direndam agar lunak, sebelum kemudian digiling dengan mesin tradisional.

 

Setelah dipastikan mencapai kehalusan maksimal, biji kedelai itu ditambahkan air. Hasil olahan yang disebut susu kedelai tersebut lalu dituang ke tong kayu besar, disaring dengan kain muslin, lalu direbus. Hasilnya adalah semangkuk tahu sehalus sutra, disajikan panas atau dingin, dengan tambahan gula merah dan sirup jahe.

 

Salah satu toko mereka terletak di kawasan Sham Shui Po, buka mulai pukul 06.00 waktu setempat setiap harinya, selain puding tahu manis ada pula menu populer lainnya seperti bean curd puff, tahu goreng, dan susu kedelai bebas gula. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat