visitaaponce.com

5 Jenis Teh ini Disebut Bisa Atasi Anyang-anyangan Lho

5 Jenis Teh ini Disebut Bisa Atasi Anyang-anyangan Lho
Ilustrasi teh hijau(MI)

PERNAH merasa ingin buang air kecil terus menerus yang disertai rasa nyeri ketika menuntaskannya? Bisa jadi Anda mengalami anyang-anyangan atau dikenal sebagai disuria.

Kondisi tersebut merupakan salah satu gejala dari infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri. Meski antibiotik bisa membantu mengatasi gejalanya, tetapi mengobati dengan bahan-bahan herbal juga bisa menjadi pilihan. Salah satu cara mengatasi anyang-anyangan dengan bahan atau obat alami ialah dengan mengonsumsi teh herbal.

Dr Topoti Mukherjee, Konsultan Nefrologi dari RS Manipal Whitefield, menuturkan ada banyak alasan mengapa teh herbal bisa mengatasi anyang-anyangan. Salah satunya dengan kandungan antioksidan, antibakterial dan antiinflamasi. Teh herbal dapat membantu meredakan iritasi dan mempercepat proses penyembuhan. 

Terdapat beberapa pilihan teh herbal yang bisa Anda konsumsi saat mengalami anyang-anyangan. Berikut beberapa pilihan teh herbal tersebut, melansir dari situs Healthshots:

1. Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat untuk mengatasi banyak masalah infeksi saluran kemih, termasuk anyang-anyangan. Sebab, kandungan antimikroba pada teh hijau dapat melawan bakteri Escherichia coli penyebab infeksi saluran kemih. Selain itu, antioksidan yang biasa ditemukan pada teh hijau dapat membantu menghilangkan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

2. Teh cranberry

Dr Mukherjee mengatakan teh herbal yang mengandung ekstrak cranberry dapat membantu mengatasi anyang-anyangan. Cranberry dalam bentuk ekstrak atau tablet telah menunjukkan beberapa manfaat karena mengandung antioksidan termasuk polifenol yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.

"Anda juga bisa mencoba minum jus cranberry," jelas Dr Mukherjee.

3. Teh chamomile

Teh chamomile kaya akan antioksidan dan mengandung sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi bakteri jahat dari dalam tubuh. Selain itu, the chamomile juga dapat meringankan rasa sakit akibat infeksi saat buang air kecil.

4. Teh peterseli

Teh peterseli dapat dijadikan obat alami yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem reproduksi wanita seperti anyang-anyangan, menstruasi hingga perubahan hormonal.  

Selain itu, teh paterseli juga bertindak sebagai diuretik alami yang dapat mencegah infeksi ginjal dengan meningkatkan jumlah urin untuk membantu mengeluarkan bakteri dari saluran kemih.  

Tak hanya itu, teh herbal ini juga kaya akan vitamin C dan mengandung antioksidan yang menjadikan teh herbal yang sempurna untuk infeksi saluran kemih.

5. Teh mint

Kekuatan antimikroba peppermint membuat teh herbal ini sangat mudah untuk mengatasi infeksi saluran kemih termasuk anyang-anyangan. 

Selain itu, teh herbal dari daun mint atau peppermint ini juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi yang membantu membunuh bakteri jahat dan membantu mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat