visitaaponce.com

Ingin Bedakan Proses Batik Asli atau Cetak Ini Kata Pakar

Ingin Bedakan Proses Batik Asli atau Cetak? Ini Kata Pakar
batik tulis(ANTARA FOTO/Patrik C)

PAKAIAN batik memang selalu memikat, namun apakah Anda sudah bisa membedakan batik asli, yang dimaksud adalah batik dengan penerapan teknik canting, cap ataupun kombinasi, dengan yang tidak menggunakan salah satu di antara ketiga teknik tersebut?

Sabine Bolk, seorang seniman dan peneliti batik asal Belanda, telah mengekplorasi batik sejak 2009. Ia pun memberikan 5 tip praktis mengenali batik asli, seperti dikutip dari katalog pameran Masa Depan Batik yang digelar oleh Sabine Bolk di Erasmus Huis, Jakarta pada 21 Oktober - 20 Januari 2024.

Berikut 5 tips praktis mengenali Batik asli:

1. Mengenali lewat namanya

Penamaan batik dipakai untuk segala sesuatu yang bermotif indah, namun ada perbedaannya untuk batik asli atau tidak. Teknik batik di Indonesia terdiri dari tiga cara yakni teknik batik tulis, batik cap dan batik kombinasi.

Batik tulis, malam atau lilinnya diaplikasikan dengan canting.

"Tulis artinya menulis, jadi batik tersebut adalah batik tulisan tangan," ungkap Bolk.

Sedangkan batik cap dibuat dengan cap tembaga. Batik cap dibuat masih dengan lilin tapi memakai bantuan cap untuk polanya. Bila kedua teknik tersebut digunakan disebut batik kombinasi. 

Sementara itu, batik print biasanya diproduksi secara massal dengan mesin atau dicetak menggunakan silkscreen dan tidak menggunakan malam atau lilin. Batik inilah yang tidak termasuk batik asli.

2. Lihat dari kedua sisi

Saat melihat batik, periksa kedua sisinya. Motif dan warnanya harus sama pada kedua sisinya. Apabila berbeda, batik tersebut bukanlah batik asli.

3. Lihat polanya

Selain kita dapat membaca makna di balik polanya, Anda juga bisa melihat pola batik untuk mengetahui apakah batik tersebut asli atau tidak.

Batik tulis merupakan buatan tangan sehingga dalam pengulangan pola terdapat perbedaan. Sedangkan batik cap dibuat dengan alat bantu cap. Motif batik yang merupakan buatan tangan, bentuk motif-motif yang sama tidak akan sama persis mirip atau sempurna.

Jika motifnya berulang sempurna dengan titik-titik dan garis-garis yang sama di seluruh desainnya, kemungkinan besar itu bukan batik asli.

4. Ukuran Batik

Batik dibuat dari bahan yang berbeda, mulai dari sutra, rayon bahkan pada kayu, tetapi kebanyakan pada katun.  

Ukuran batik biasanya berupa ukuran kain sarung atau kain panjang yaitu selembar kain yang cukup panjang untuk dililitkan di pinggul.  

Batik asli tidak ada yang dijual per meter, apabila dijual per meter batik tersebut tidak asli. 

5. Harga Batik

Lantaran batik asli merupakan hasil buatan tangan, tak heran dijual dengan harga yang mahal.

"Saya mendengar orang selalu mengatakan 'tapi Batik asli itu mahal'," ujar Bolk.

Batik asli memang lebih mahal dibanding batik print, sebab memiliki kualitas yang lebih tahan lama.

"Dengan batik asli Anda membeli kualitas yang dapat bertahan lebih dari satu generasi," tutur Bolk.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat