visitaaponce.com

Meta Diam-Diam Hapus Fitur Percakapan antara Facebook dan Instagram

Meta Diam-Diam Hapus Fitur Percakapan antara Facebook dan Instagram
Meta setop fitur percakapan lintas platform Instagram dan Facebook.(AFP/Robyn Beck)

META menghentikan fitur yang memungkinkan pengiriman pesan langsung antar platform media sosial yang berbeda - kurang dari tiga tahun setelah diluncurkan.

Apa yang disebut obrolan 'lintas aplikasi' antara Instagram dan Facebook tidak lagi dapat dilakukan pada 'pertengahan Desember 2023', menurut pembaruan yang dirilis secara diam-diam oleh Meta.

Untungnya, percakapan lama Anda yang terjadi di kedua aplikasi akan tetap tersedia - namun Anda tidak akan dapat membalasnya atau memulai percakapan baru.

Tidak ada sorotan publik terhadap pengumuman baru tersebut, yang tampaknya telah diterbitkan pada atau sebelum 21 November, menurut The Verge.

Sebelumnya, Meta mengatakan penggabungan obrolan lintas aplikasi pada tahun 2020 akan memudahkan pengguna Facebook Messenger untuk mengirim pesan kepada teman dan keluarga tanpa harus mengunduh Instagram, dan sebaliknya.

Beberapa pengamat telah mencatat bahwa perubahan ini mungkin disebabkan oleh Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) Uni Eropa, sebuah undang-undang yang bertujuan membatasi dominasi pasar perusahaan teknologi besar.

WhatsApp, yang juga dimiliki oleh Meta, tampaknya sedang mengembangkan fitur obrolan pihak ketiga yang kompatibel dengan DMA, menurut Mac 9 hingga 5.

Pengguna masih dapat mencari dan melihat pesan yang mereka kirim antara Instagram dan Messenger, tetapi semua fungsi lintas aplikasi lainnya akan hilang. Meta sendiri belum mengumumkan tanggal spesifik untuk cutoff tersebut.

Dengan dihentikannya pesan lintasplatform tersebut, obrolan apa pun yang ada di Instagram yang Anda lakukan dengan akun Facebook akan menjadi hanya bisa dibaca, meskipun akun Facebook tersebut dihapus dari obrolan. Artinya, Anda dan orang lain yang memiliki akun Instagram tidak dapat mengirim pesan baru dalam obrolan tersebut.

Kemudian, akun Facebook tidak akan dapat melihat Status Aktivitas Anda atau apakah Anda telah melihat pesan. Obrolan apa pun yang Anda lakukan dengan akun Facebook tidak akan dipindahkan ke kotak masuk Anda di Facebook atau Messenger. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat