visitaaponce.com

Mentan Lepas Ekspor Produk Pertanian di Jatim Rp140 Miliar

Mentan Lepas Ekspor Produk Pertanian di Jatim Rp140 Miliar
Ekspor produk pertanian(Antara)

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas ekspor produk pertanian asal Provinsi Jawa Timur senilai Rp140 miliar.

"Produk pertanian asal Provinsi Jawa Timur yang kita lepas senilai Rp 140,03 miliar dengan total volume 5,4 ribu ton dan 757 batang ke dua belas negara tujuan sekaligus," ujar Syahrul dikutip dari siaran pers, Jumat (12/3).

Produk pertanian yang diekspor antara lain berupa sarang burung walet, pakan ternak, premik, cicak kering, lipan kering, kelapa bulat, cacao powder, cacao butter, kopi biji dan cengkeh.

"Pelepasan ekspor hari ini cukup besar dan saya kira apa yang dilakukan Gubernur Jawa Timur kami bertiga dari pertanian, perdagangan maupun BUMN siap untuk terus mendukungnya," terang Syahrul.

Baca juga : Pemerintah Berupaya Memperbanyak Kawasan Industri Halal

Seiring pelepasan ekspor itu, imbuh dia, Kementan melalui Badan Karantina Pertanian juga melakukan fasilitasi sertifikasi ekspor terhadap 81,3 ribu ton komoditas pertanian dengan nilai mencapai Rp1,264 triliun.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, pelepasan ekspor tersebut merupakan salah sagu langkah strategis untuk memastikan pasar ekspor produk pertanian Indonesia dan menjadi salah satu penggaet devisa negara.

"Selamat atas ekspor yang luar biasa. Kita bisa lihat kita penghasil, penjual , pengekspor kopi salah satu yang terbaik di dunia, dan kita juga ingin menjual barang barang prosfektif Indonesia seperti sarang walet untuk memastikan ekspor menjadi salah devisa negara," imbuh Lutfi.

"Mudahan-mudahan kita bisa berevolusi dari negara penjual barang setengah, barang mentah menjadi barang jadi berindustri dengan industri teknologi tinggi. Semoga kedepan, Jawa Timur menjadi eksportir dari barang barang ekspor Indonesia," pungkasnya. (OL-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Baharman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat