visitaaponce.com

Pemerintah Siapkan Pelabuhan Panjang sebagai Alternatif Arus Balik

Pemerintah Siapkan Pelabuhan Panjang sebagai Alternatif Arus Balik
Suasana di Pelabuhan Bakauheni saat arus mudik Lebaran 2022(Antara)

PEMERINTAH menyiapkan Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif untuk melayani angkutan logistik dan penumpang. 

Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi antrian arus balik angkutan lebaran 2022 khususnya pada layanan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Panjang menjadi pelabuhan alternatif khusus menampung kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten pada arus balik.

"Untuk menekan antrian, kendaraan logistik diarahkan langsung ke Pelabuhan Panjang. Disini ASDP bisa memberikan rekomendasi jika kepadatan sudah kuning bisa langsung geser ke Panjang, jadi jangan tunggu sampai merah. Termasuk pemudik sepeda motor penumpang, dari sekitar wilayah Tanjung Karang langsung diarahkan ke Panjang saja," tutur Budi melalui keterangannya, Rabu (4/5).

Dia berharap upaya tersebut dapat melancarkan pergerakan kendaraan dan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menuju ke Merak.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kesiapannya dalam mendukung kelancaran arus balik dengan memaksimalkan pelabuhan dan kapal yang ada di bawah pengelolaan operator transportasi BUMN.

"Sejak awal, saya minta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan sehingga layanan angkutan lebaran pada arus balik tetap berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat," ujarnya.

Menurut Erick, melayani masyarakat adalah hal yang terus dijaga melalui kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dengan TNI, Polri, pemerintah pusat, dan daerah agar arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan lancar. Tantangan layanan arus balik berbeda saat arus mudik, karena adanya periode cuti bersama lebaran 2022 pada Jumat (6/5).

Berdasarkan data Posko 24 Jam pada 3 Mei 2022 pukul 08.00 WIB hingga 4 Mei 2022 pukul 08.00 WIB, tercatat baru 42.165 orang telah menyeberang dari Bakauheni menuju Merak, diikuti kendaraan roda dua sebanyak 2.640 unit, roda empat sebanyak 5.771 unit, 179 unit bus, 324 unit truk. 

Total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Sumatera menuju Jawa sebanyak sebanyak 8.914 unit.
"Untuk H+1 kondisi arus kendaraan dan penumpang yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni masih relatif ramai lancar. Perkiraan kami, sekitar tanggal 6-7 Mei besok baru akan dimulai terjadi peningkatan," ujar Dirut ASDP Ira Puspadewi.

ASDP memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (8/5) atau H+5 dengan angka proyeksi penumpang pejalan kaki 17.321 orang; penumpang dalam kendaraan : 211.010 orang; dan total penumpang 228.331 orang atau lebih tinggi 27% ketimbang 2019 sebanyak 180.444 orang. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat