visitaaponce.com

Dorong Pemerataan Ekonomi, Startup Dagangan Berikan Same Delivery bagi Masyarakat Pedesaan

Dorong Pemerataan Ekonomi, Startup Dagangan Berikan Same Delivery bagi Masyarakat Pedesaan
Startup Dagangan(Dok.Dagangan)

Digitalisasi di wilayah pedesaan masih menjadi perhatian yang cukup
besar bagi pemerintah dan menjadi salah satu isu prioritas dalam G20. 

Digitalisasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan potensi teknologi digital ini dilakukan untuk mempercepat perkembangan berbagai sektor usaha di Indonesia. 

Hal ini pula yang kemudian mendorong Dagangan menghadirkan layanan pendukung berupa Pengantaran di Hari yang Sama (Same-Day Delivery) untuk mendukung akselerasi pemerataan perekonomian masyarakat pedesaan.

Kehadiran layanan Same-Day Delivery dari Dagangan ini juga menjadi pemain baru dalam sektor quick commerce yang sedang ramai dijalankan di kota-kota besar. Hanya saja Dagangan menargetkan fitur ini untuk dapat digunakan secara langsung oleh masyarakat pedesaan yang
selama ini jarang terlayani oleh perkembangan teknologi yang terjadi di kota besar.

COO dan Co-founder Dagangan, Willy Chandra, mengatakan, besarnya minat masyarakat pada pengalaman berbelanja yang lebih cepat dan efisien menjadi salah satu alasan pihaknya menghadirkan layanan ini. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di luar kota-kota besar, yang biasanya harus membayar ongkos kirim yang lebih besar dan menunggu barangnya datang lebih lama ketika belanja online. 

"Dengan layanan ini pula, Dagangan ingin membangun ekosistem ekonomi digital terpadu yang turut mempromosikan praktik perdagangan yang efektif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Lebih jauh Willy menjelaskan bahwa layanan Same-Day Delivery ini telah dapat diakses langsung oleh masyarakat di wilayah Bandung, Cileungsi, Padalarang, Sleman dan Solo.

Kedepannya, Dagangan menargetkan ekspansi layanan ini hingga kabupaten-kabupaten di wilayah Karawang, Yogyakarta, Bogor, Kudus, dan Tegal. 

Sejak pertama diluncurkan, lebih dari 17.000 pengguna telah mendaftar untuk dapat turut merasakan manfaat layanan ini. “Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk dapat belanja secara online dan langsung
memperoleh barang belanjaan mereka di hari yang sama jika pemesanan dilakukan sebelum jam 12 siang. Mereka juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim jika melakukan transaksi diatas 150.000 rupiah,” tambah Willy.

Layanan Same-Day Delivery ini juga diperkenalkan kepada masyarakat dengan melihat pertumbuhan bisnis Dagangan yang cukup signifikan hingga akhir kuarter satu tahun ini. Willy mengaku bahwa Dagangan telah berhasil mencetak pertumbuhan bisnis hingga lima kali lipat
sejak menerima pendanaan Seri A di akhir tahun 2021 lalu, dengan lebih dari 30,000 pengguna telah bergabung dalam ekosistem Dagangan.

Peningkatan bisnis ini juga diiringi dengan perkembangan perusahaan yang saat ini telah memiliki 120 karyawan yang tersebar di berbagai daerah, baik di dalam maupun di luar negeri. (RO/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat