visitaaponce.com

Ekonomi Nasional Diyakini Tumbuh 5,3 di 2022

Ekonomi Nasional Diyakini Tumbuh 5,3% di 2022
Logo Bank Indonesia di gedung Bank Indonesia(MI/Susanto)

PEREKONOMIAN domestik diyakini bakal terus membaik dan tumbuh di level positif meski berada di tengah ancaman global yang meningkat. Bank Indonesia memperkirakan ekonomi nasional akan tumbuh di kisaran 4,5% hingga 5,3% tahun ini.

"Pertumbuhan ekonomi 2022 diprakirakan tetap bias ke atas dalam kisaran proyeksi BI pada kisaran 4,5% hingga 5,3%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (20/10).

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi pada 2023 diprakirakan tetap kuat didorong oleh solidnya permintaan domestik sejalan dengan terus meningkatnya mobilitas dan berlanjutnya penyelesaian Program Strategis Nasional (PSN), di tengah lebih dalamnya perlambatan perekonomian global.

Proyeksi itu juga didasari pada perkiraan kondisi ekonomi yang akan solid di triwulan III tahun ini. Itu karena kuatnya topangan dari peningkatan konsumsi swasta dan investasi nonbangunan, tetap kuatnya ekspor, serta daya beli masyarakat yang masih terjaga di tengah kenaikan inflasi.

"Berbagai indikator bulan September 2022 dan hasil survei BI terakhir, seperti keyakinan konsumen, penjualan eceran, dan Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya proses pemulihan ekonomi domestik," kata Perry.

Baca juga: BI Kembali Naikkan Suku Bunga Acuan Jadi 4,75%

Sedangkan dari sisi eksternal, kinerja ekspor diprakirakan tetap kuat, khususnya batu bara, CPO, serta besi dan baja seiring dengan permintaan beberapa mitra dagang utama yang masih kuat dan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor CPO dan turunannya.

Secara spasial, kinerja positif ekspor ditopang oleh seluruh wilayah, terutama Kalimantan dan Sumatera, yang tetap tumbuh kuat. Perbaikan ekonomi nasional juga tercermin pada kinerja lapangan usaha utama, seperti perdagangan, pertambangan, dan pertanian. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat